Sunday, November 11, 2007

Kabupaten Wonosobo

Kabupaten Wonosobo


PARIWISATA

Dalam usaha mengembangkan pembangunan kepariwisataan, sektor pariwisata telah melaksanakan kebijakan-kebijakan yang telah ditentukan melalui program/ kegiatan utama yaitu menggerakkan usaha-usaha meningkatkan arus kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Sedangkan untuk mewujudkan program kerja/kegiatan, dikemukakan program penunjang yang terkait dengan kepariwisataan, adalah:
  1. Meningkatkan pemasaran dan promosi kepariwisataan;
  2. Meningkatkan mutu pelayanan, kenyamanan, kebersihan dan keindahan disekitar obyek daya tarik wisata.
Secara operasional pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan sub sektor pariwisata tahun anggaran 2003, dengan cara sebagai berikut :
  1. Pengembangan dan peningkatan fasilitas dan aksesbilitas di sekitar obyek daya tarik wisata yang dilaksanakan sejalan dengan upaya memelihara nilai-nilai budaya dan kelestarian lingkungan hidup yang berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar dan peningkatan PAD;
  2. Mengikutsertakan masyarakat yang berada di sekitar obyek daya tarik wisata untuk secara aktif dalam upaya pengembangan dan pelestarian obyek wisata;
  3. Mendorong terciptanya organisasi yang menangani usaha dan jasa bidang pariwisata;
  4. Memberikan pelatihan, pendidikan dan membina insan pariwisata dalam upaya menggalakkan pelaksanaan Sapta Pesona.
Potensi pariwisata di Kabupaten Wonosobo sangat prospektif untuk terus dikembangkan, khususnya wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun Mancanegara. Adapun peranan perekonomian daerah yang mendukung sektor pariwisata, yaitu sektor perdagangan hotel dan restoran memberikan kontribusi sebesar 19,01 % atau sebesar Rp. 885.776.460.000,- serta sektor pengangkutan dan komunikasi memberikan kontribusi sebesar 3,25 % atau sebesar Rp. 151.239.450.000,-.

Sedangkan potensi pariwisata yang sudah dikenal hingga ke mancanegara adalah wisata komplek candi Dieng, Telaga warna, Perkebunan Tambi serta Arung jeram. Adapun jumlah kunjungan wisatawan ke daerah wisata di Kabupaten Wonosobo, baik Wisatawan Nusantara maupun Wisatawan Mancanegara pada tahun 2003, yaitu sebesar 101.501 orang atau mengalami peningkatan sebesar 176,65 % bila dibandingkan dengan tahun 2002, yaitu sebesar 57.460 orang.

TELAGA MENJER
Merupakan telaga alam terluas di Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer terletak didesa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo 12 km sebelah utara kota Wonosobo.

TELAGA BEDAKAH

Telaga ini terletak didesa Bedakah sebelah timur laut kota Wonosobo, dilereng Sindoro. Selain telaga juga terdapat Gua Angin yang selalu mengeluarkan angin dan Gua Lawa yang merupakan tempat berlindungnya kelelawar.

AIR TERJUN SIKARIM
Memiliki ketinggian 80 meter dengan latar belakang bukit yang menjulang dan banyak ditumbuhi perdu dan tanaman langka. Terletak di desa Mlandi Kecamatan Garung 20 km sebelah utara kota Wonosobo.

KEBUN KARANG GANTUNG
Terletak di kelurahan Selomerto Kecamatan Selomerto, kurang lebih 6 km sebelah selatan kota Wonosobo. Kebun Karang Gantung adalah kebun bambu yang cukup luas dengayr latar belakang Batu Tua yang sangat umk dan dikenal dengan nama Watu Tedeng

KAWASAN WISATA DATARAN TINGGI DIENG
Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu 'Di' yang artinya tempat yang tinggi atau gunung dan 'Hyang' yang berarti kahyangan. Maka kita bisa tafsirkan bahwa Dieng adalah merupakan daerah pegunungan tempat dimana para Dewa dan Dewi bersemayam. Kawasan ini terletak didesa Dieng Kecamatan Kejajar Kab. Wonosobo 26 km sebelah utara kota Wonosobo.

PUSAT REKREASI DAN OLAH RAGA KALIANGET
Merupakan lokasi pemandian air panas alami. Airnya mengandung kadar asam sullat yang ` cukup tinggi yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Lokasi terletak di jalan Dieng kilometer 3 atau disebelah utara kota Wonosobo.

1 Comments:

Anonymous adek said...

Asyik kalo pake foto2 ya :)

10:26 AM  

Post a Comment

<< Home