Sunday, November 20, 2005

Kab. Semarang - LOKO TUR

LOKO TUR
Obyek wisata loko tur merupakan paket perjalanan wisata yang mengabungkan antara transportasi rangkaian kereta api yang ditarik oleh lokomotif tua dengan wisata alam baik yang berupa potensi perkebunan, pertanian maupun kehutanan. Di Jawa Tengah terdapat dua obyek wisata loko tur yang menarik dan cukup mengundang perhatian dari berbagai kalangan maupun wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara.

Loko tur merupakan paket perjalanan wisata di hutan jati wilayah KPH Cepu Kabupaten Blora yang menggunakan transportasi berupa rangkaian kereta api yang ditarik lokomotif tua buatan Berliner Maschinenbaun Jerman Tahun 1928. Perjalanan dengan kereta kuno tersebut dimulai dari Kantor Perhutani Jalan Sorogo KPH Cepu, sekitar 35 Km ke arah tenggara Kota Blora.
Perjalanan tersebut menempuh jarak 60 Km dengan kecepatan maksimum 20 Km per jam, melintasi hutan jati wilayah BKph Ledok, Kendilan, Pasar Sore, Blungun, Nglobo, Cabak, dan Nglebur. Lokasi yang ditempuh cukup menarik karena berada di ketinggian 25 - 30 m di atas permukaan laut, suhu udara 22 - 34 derajat celcius, dengan curah hujan rata-rata 1.670 mm per tahun

Paket wisata loko tur di Kabupaten Blora ini selain menyajikan perjalanan yang dilatarbelakangi keindahan hutan jati, juga disajikan berbagai macam hiburan kesenian daerah dan atraksi antara lain : kesenian tayub, penanaman jati, tebangan, seradan serta kunjungan ke museum jati dan Pusbanghut (Pusat Pengembangan Bio Teknologi Hutan). Museum Kereta Api dan Loko Tur di Kabupaten SemarangUntuk menunjang kepariwisataan di Daerah Ambarawa khususnya Jawa Tengah umumnya, maka PJKA Eksplotasi Jawa Tengah sejak tahun 1975 memberi kesempatan kepada para turis secara rombongan untuk menyewa paket tur naik kereta api bergigi antara Ambarawa Bedono pulang pergi. Adapun daya tarik yang ditawarkan kepada kepada wisatawan dari pelayanan loko tur di Kabupaten Semarang adalah: Para wisatawan diajak memasui stasiun yang sedemikian rupa disamakan dengan aslinya yaitu 126 tahun yang lalu dengan bangunan yang masih kokoh, lantai, ornamen, dan aksesoris model lama yang terpelihara. Sebelum tur dimulai diperlukan persiapan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan 126 tahun yang lalu yaitu dalam hal mempersiapkan lokomotif yang menggunakan tenaga uap diperlukan waktu selama 3 jam untuk memanaskan air dengan bahan bakar kayu agar menjadi uap untuk menggerakkan mesin kereta. ada baiknya sebelum melakukan tur ini wisatawan melakukan reservasi 3 jam sebelum tur dimulai. Reservasi dilakukan melalui telepon Museum Kereta Ambarawa (0298)91035 Dengan kapasitas penumpang 100 orang, wisatawan akan menikmati perjalanan dari Ambarawa Jambu Bedono PP sejauh 9 Km 489 m selama 2 jam yang sangat mempesona, yaitu gunung tinggi menjulang di depan dan hamparan Rawa Pening di belakang merupakan pemandangan yang kontras. Selama kereta api Railway Mountain Tours juga ada lori wisata untuk anak-anak. Dimulai dari stasiun Ambarawa sampai di batas rel yang bergerigi dengan waktu tempuh 30 menit. Lokasi : Dipusat kota Ambarawa Jarak : Museum - Kota Ungaran - 15 Km Museum - Kota Semarang - 35 Km Daya Tarik : - Satu-satunya museum peninggalan berteknologi kuno di Indonesia yang digunakan sebagai alat transportasi bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan sampai dengan tahun 1964. - Nilai historis dari alat tranportasi berupa ketel uap yang merupakan implikasi penemuan oleh James Watt - Menyediakan paket wisata dengan menumpang kereta api tenaga uap melalui rel yang bergerigi Fasilitas : Sejumlah Hotel Melati dan Bintang.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home