Tuesday, November 22, 2005

Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal


Kendal merupakan salah satu kabupaten yang ada di propinsi Jawa Tengah. Sangat mudah dicapai karena terletak pada jalur utama pulau Jawa yang menghubungkan kota Surabaya dan kota Semarang. Disamping melalui darat, kunjungan ke kota kendal dapat pula ditempuh dengan perjalanan udara meskipun harus transit ke Bandara Ahmad Yani Semarang, dilanjutkan perjalanan ke kota Kendal Permai yang lokasinya berada ditengah-tengah kota. Tidak jauh dari tempat ini, pengunjung dapat, melakukan wisata ziarah ke makam wali Joko dan Wali Hadi yang mana lokasinya masih berada didalam komplek Mesjid Agung Kendal. Di senja hari sampai tengah malam di seputaran alun-alun diramaikan oleh para penjaja makanan tradisional seperti wedang ronde, mie ayam, nasi goreng, ayam dan jagung bakar.

air terjun
CURUG SEWU


Nama air terjun tersebut diambilkan dari nama desa tempat air terjun tersebut berada, yakni desa Curugsewu tepatnya di Kecamatan Patean, jaraknya 4o kilometer dari kota Kendal dengan terlebih dahulu melewati kota Weleri dan Sukorejo.
Air terjun Curugsewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, dengan total ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter, terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, dari antara terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona.
Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, sekitar lokasi Air Terjun Curugsewu telah dilengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap seperti panggung taman bermain anak serta berbagai fasilitas lainnya. Masih mengenai keistimewaan dan keunikkannya, ternyata AirTerjun Curugsewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.
Untuk melengkapi berbagai fasilitas dan sarana yang sudah ada, Kereta Mini, Jet Coaster dan Kolam Renang dengan standar nasional telah dibangun. Guna memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan.

CURUGSEWU Waterfall
The name mentioned above derived from the name of village where is the waterfall area located, exactly in district of Patean, 40 kilometers from Kendal City trough Weleri and Sukorejo City.
Curugsewu waterfall has an extraordinary and unique than others with total highly 70 meters, Curugsewu Waterfall forming 3 terraces waterfalls, first falling 45 meters, second 15 meters and lowest falling 20 meters, Curugsewu waterfall is very beautiful and fascinating to view, excessively when the rainbow rising from the slope of waterfalls.
Youth park, open stage, playing garden and others has complicated to create good conditions and atmosphere. Related the extraordinary and unique, Curugsewu waterfall has also most famous as the highest one in Central Java Island.
Several facilities available, will be more complicated caused by additional and new facilities as Mini Train, Jet Coaster and National Swimming Pool was built to give excellence services.


pantai
SENDANG SIKUCING


Bila pengunjung menghendaki menikmati keindahan terbit dan tenggelamnya matahari, Pantai Sendang Sikucing adalah tempatnya. Pantai ini terletak 22 kilometer dari kota Kendal lewat kota Weleri.
Pantai ini telah dimeriahkan dengan adanya pentas limba-limba dan berbagai sarana lain seperti rumah makan terapung, panggung terbuka perahu tradisional dan becak air bagi anak dan keluarga untuk disewakan.

SENDANG SIKUCING Beach
When visitor willing the beauty of the sunrise ad sunset, Sendang Sikucing Beach is very suit place. The location at 22 kilometers to the west from Kendal City via Weleri City.

pemandian air panas
GONOHARJO


Di lereng Gunung Ungaran, kurang lebih 40 kilometer dari kota Kendal lewat Kecamatan Kaliwungu terdapat beberapa sumber air panas dengan didukung oleh pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Daerah tujuan wisata ini senantiasa dikembangkan dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, cafetaria, taman bermain dan ruangan-ruangan kamar yang dipergunakan untuk mandi air panas berbelerang. Yang mana sangat baik untuk kesehatan dan kesembuhan kulit.

GONOHARJO Hot Water Spring
On the slope of Ungaran Mountain there are some springs of hot water and supporting by good panoramas and cool air. The location has been increasing with many facilities for destination area rooms for bathing hot water sulfur which is very use full for health of skin.

goa
KISKENDO


Goa ini terletak di desa Trayu, Kecamatan Singorojo, 15 kilometer ke arah selatan dari Kota Kendal lewat kota Kaliwungu. Setelah menyusuri jalan setapak yang berbatu, pengunjung mulai memasuki mulut goa yang cukup curam. goa-goa kecil seperti Goa Lawang, Goa Pertapaan, Goa Tulangan, Goa Kempul dan Goa Kampret. Mengalirnya anak sungai yang membentuk cekungan di dalam goa menambah sejuk dan indah suasananya. Cekungan anak sungai ini dikenal dengan sebutan Kedung Jagan.

KISKENDO cave
Only 15 kilometers to the south of Kendal City via Kaliwungu, exactly at Trayu village. The location is very easy to reach. After tracking, visitor begin entering the mouth of cave, there are some little caves and river inside. This is the suitable place for the rock climbers to do their hobby

pantai
JOMBLOM


Pantai ini sangat mudah dijangkau, karena kendaraan umum maupun pribadi sampai ke lokasi jaraknya 10 kilometer dari kota Kendal lewat kota Cepiring, membuat siapa saja bisa mengunjungi tempat wisata ini. Berlayar, berenang dan kegiatan lain seperti permainan bola volley pantai dapat dilakukan di pantai yang landai ini.
Di samping itu keindahan matahari terbit dan tenggelam dapat pula disaksikan pada pagi dan senja hari sembari menikmati kesegaran udara pantai.

JOMBLOM beach
The beach is easily cached by publics or private vehicles until to the point of interest, it caused by the road has been developed, other hand this location as a daily formal route transportation. Located at Korowelang Anyar village, Cepiring sub district or only 10 kilometers from Kendal City, everyone could be coming these. Sailing, swimming and sun bathing are activities could be done by visitors. Good facilities have been prepare as like lavatory, shelter, parking area and other structure and infrastructure.
Only 15 kilometers to the south of Kendal City via Kaliwungu, exactly at Trayu village. The location is very easy to reach. After tracking, visitor begin entering the mouth of cave, there are some little caves and river inside. This is the suitable place for the rock climbers to do their hobby

wisata AGRO

Tak jauh dari pemandian air panas Gonoharjo, ada perkebunan teh Medini yang pemandangannya juga sangat indah. Setiap hari kita dapat menyaksi-kan gadis-gadis desa yang cantik sedang memetik teh disamping menikmati kesejukan udara pegunungan.
Perkebunan Karet Merbuh dan Perkebunan Kopi Sukomangli adalah daerah tujuan Wisata Agro lainnya. Tempat-tempat ini sering dikunjungi wisatawan mancanegara asal Jepang dan Belanda untuk bernostalgia.

AGRO tourism
It is located not far from Gonoharjo hot water springs, there are Medini and Promasan tea plantation. The phenomenon is fascinating and very beautiful. Every morning the visitors can see many beautiful female workers plucking tea leaves besides enjoy the fresh and cool mountainous air.
Another Agro Tourism are coffee plantation in Sukomangli also rubber plantation in Merbuh. These location is often visited by Japanese and Dutch tourist.

GOA "BUNDA MARIA RATU"
BESOKOR – WELERI


Di lokasi tanah milik Keuskupan Agung Semarang yang terletak di Dusun Besokor, Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri, dimulai pada tahun 1987 Rm. T. Widyana, SJ selaku Romo Paroki St. Martinus Weleri bersama dengan umat dari lingkungan St. Yusuf Besokor didampingi beberapa anggota Dewan Paroki berjalan-jalan di tanah perbukitan yang dikelola oleh para Suster AK untuk mencari tempat doa yang hening, teduh, nyaman dan jauh dari keramaian. Dari sini diketemukan sebuah lubang besar di dalam tanah dengan diameter ± 8 s.d. 10 meter beserta lorong yang panjangnya ± 5 meter, tempat ini menurut sumber yang ada dulunya adalah tempat persembunyian buatan Jepang.
Kemudian Rm. T. Widyana, SJ merasa tertarik untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat devosi kepada BUNDA MARIA, karena umat dirasa lebih mudah berdoa dengan cara berdevosi kepada Bunda Maria. Alasan yang lain karena memang tempat inilah yang benar-benar hening, teduh, nyaman dan apabila untuk berdoa kita sungguh dapat berkonsentrasi penuh karena pandangan kita terbatas.
Dari sinilah kemudian muncul goa kecil sebagai goa awal, diatas lokasi inilah telah dibangun Goa Maria baru dengan kubah lebih besar, lebar 5 m tinggi 4 m dengan tatanan batuan artificial disekelilingnya menyesuaikan kontur tanah yang nampak sangat mendukung karena terletak paling tinggi di antara hamparan lahan disekitarnya. Goa yang lama menjadi landasan konstruksi yang kokoh untuk menopang struktur goa baru yang dibangun tepat diatasnya.
Sumber air abadi merupakan ciri khas utama bagi tempat ziarah GOA MARIA dan ciri khas itu telah menjadi berkat dan karunia utama bagi GOA BUNDA MARIA RATU di Besokor Weleri.

1 Comments:

Anonymous machfud14 said...

tancap gas ke obyek wisata kendal...........

6:35 AM  

Post a Comment

<< Home