Thursday, November 24, 2005

KABUPATEN KLATEN

KABUPATEN KLATEN

Kabupaten Klaten terdapat bermacam-macam objek wisata, sarana wisata seni tradisional, upacara tradisional yang cukup potensial dan merupakan pintu gerbang sebelah selatan objek wisata Jawa Tengah.


Pariwisata
Di bidang pariwisata, Klaten tidak hanya memiliki Candi Prambanan yang sudah terkenal di seluruh dunia. Masih banyak lagi obyek wisata potensial yang siap dikembangkan.

Obyek pariwisata pilihan di Klaten antara lain:
- Candi Prambanan
- Wisata Alam Deles Indah,
- Telaga Jombor,
- Museum Gula,
- Kompleks Candi Sewu
- Kawasan Pancingan Janti
- Wisata Tradisi Saparan, dll

Objek wisata unggulan di Kabupaten Klaten meliputi antara lain:

CANDI PRAMBANAN
Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbersar di Indonesia, Berketingian 47 meter, dibangun pada abad 9, Letaknya berada 17 km arah timur Jogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo,
Candi yang utama yaitu Siwa (Tengah) Candi Brahma (Selatan) dan Candi Wisnu (utara). Di depannya terletak candi Wahana (Kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angsa adalah kendaraan Brama (Dewa Penjaga); Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Perusak) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pencipta).
Sebagai peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memang memiliki pesona keindahan tersendiri. Sebab selain bentuk bangunan dan tata letaknya yang menakjubkan, candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik wisatawan. Tak heran bila candi yang terletak di tepi jalan raya 17 Km dari Yogyakarta menuju Solo ini menjadi obyek wisata andalan bagi kedua kota tersebut.
Komplek candi yang dibangun pada abad 9 M ini memiliki tiga bangunan utama berarsitektur indah setinggi 47 meter. Ketiga bangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentang tiga dewa utama yang terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) di tengah,
Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di utara. Kemudian di depan bangunan utama ini terdapat tiga candi yang lebih kecil sebagai perlambang Wahana (kendaraan) dari Trimurti. Ketiga candi tersebut adalah Candi Nandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa, Candi Angsa kendaraannya Brahma, dan Candi Garuda kendaraan Wisnu.
Para wisatawan juga dapat melihat dan mengikuti kisah cerita Ramayana yang reliefnya dipahatkan searah jarum jam pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma. Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief cerita Krisnayana.

LEGENDA CANDI PRAMBANAN
Memasuki Candi Utama (Candi Siwa) arah Utara, Pengunjung dapat melihat patung seorang putri cantik(Roro Jonggrang). Menurut legenda, Roro Jongrang adalah putri Raja Boko yang dikutuk menjadi patung oleh Bandung Bondowoso (Seorang lelaki Perkasa Putra Raja Pengging) yang ingin menikahinya. Roro Jongrang tidak mencintai, Bandung Bondowoso bersedia dinikahi dengan mengajukan syarat apabila Bandung dapat membuatkan seribu candi dalam satu malam dan Bandung menyanggupinya.
Dengan kekuatan supra naturalnya Bandung hampir menyelesaikan tugasnya, namun Roro Jonggrang berusaha menggagalkan dengan cara memerintah para wanita desa yang berada disebelah timur tempat Bandung membuat Candi untuk membakar jerami dan menumbuk padi, hingga suasananya seperti dini hari dan ayam-ayam pada berkokok,maka pada saat itu kekuatan supra natural untuk menggunakan jin/ setan berlarian semua karena mereka mengira pagi telah datang. Dan karena tidak dapat menahan amarahnya Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.
Kisah legenda tersebut secara lengkap dapat wisatawan lihat di gedung Museum yang berada di dalam lokasi Candi Prambanan. Sebab selain memiliki ruang Audio Visual yang memutarkan film selama 15 menit tentang sejarah ditemukannya Candi Prambanan hingga proses renovasi dan purna pugarnya secara lengkap, Museum ini juga memamerkan koleksi benda-benda arkeologi serta perhiasan-perhiasan peninggalan raja Mataram kuno yang ditemukan di Wonoboyo, Klaten.
Selain merupakan tempat wisata situs candi, di kawasan tersebut juga dilengkapi fasilitas-fasilitas berupa: - Taman bermain anak-anak. - Penjual cendera mata khas candi. - Sarana penunjang lain seperti rumah makan, makam, area parkir, dan sarana ibadah.

Objek wisata Candi Sewu Prambanan
Masih di kawasan Candi Prambanan, kurang lebih 1 km di utara, wisatawan juga dapat melihat komplek bangunan suci Candi Sewu. Agak berbeda dengan Prambanan, Candi Sewu merupakan peninggalan kebudayaan Buddha kedua terbesar setelah Borobudur.
Berdasarkan prasasti dan data arsitekturnya, Candi Sewu dibangun sekitar tahun 782 M–792 M, tepatnya pada masa pemerintahan Rakai Panakaran dan Rakai Panaraban (seorang raja besar Mataram kuno). Dan merajuk pada prasasti berangka tahun 714 C atau 792 M yang ditemukan pada tahun 1960 disini, nama asli Candi Sewu adalah Manjus’rigrha atau rumah Manjusri, yaitu salah satu Boddhisatwa dalam agama Buddha.
Bangunan candi ini terletak di kawasan taman wisata Candi Prambanan, meripakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-19 oleh keluarga Syailendra. Diperkirakan candi ini sebagai biara para Bhiksu karena terdapat banyak kamar.
Candi Sewu Prambanan: Candi sewu dari salah satu sisinya, bangunan ini telah dipugar oleh pemerintah melalui taman wisata candi.
Pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan Candi Brahma dipahat relief cerita Ramayana tersebut searah jarum jam, dan relief selanjutnya disambung di Candi brahma.

Fasilitas Lain
Segala informasi yang berkenaan dengan Candi Prambanan, berikut berbagai jenis cindera mata, hingga buku-buku kepariwisataan dan potensi tujuan wisata sekitar DIY atau Jateng, bisa wisatawan dapatkan di Pusat Penerangan Candi Prambanan. Dan demi memudahkan wisatawan menikmati segala keindahan, disediakan sebuah rangkaian Kereta Mini yang akan mengelilingi kawasan Taman Wisata Candi Prambanan hingga ke Candi Sewu. Selain itu, kawasan Taman Wisata Candi Prambanan juga memiliki Arena Bermain Anak-Anak yang sejuk dan nyaman, dimana sering digunakan sebagai tempat lomba burung berkicau. Masyarakat umum juga dapat memanfaatkan Bumi Perkemahan Rama Shinta yang tersedia di dalam kawasan untuk acara-acara pertemuan, acara keluarga, ulang tahun, perpisahan sekolah maupun resepsi pernikahan. Sebab di Bumi Perkemahan tersedia tempat parkir, pendopo, toilet, kamar mandi dan lapangan olahraga yang dapat dimanfaatkan. Bahkan disini juga tersdia penyewaan tenda, pengeras suara, meja, kursi, lampu penerangan dan acara kesenian Reog, Jatilan.Peluang bisnis di sektor ini meliputi, perhotelan, kerajinan, biro perjalanan, tranportasi, dll.
Objek wisata Candi Plaosan
Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan, merupakan bangunan candi dengan perpaduan arsitektur Hindu dan Buddha. Candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya Pramudyawardani. Candi ini terdiri dari dua kelompok yaitu : kelompok candi Plaosan Lor dan kidul,candi ini dikelilingi oleh 116 buah stupa pewara dan 50 buah candi pewara. Candi induk Plaosan Lor dipugar tahun 1962 didalam kamar candi induk terdapat 6 buah arca Dhayani Budisatwa al Awalokiteswara,Wajrapani dan Padmapani,Candi ini dibangun atas kerjasama Raja Pikatan dan Cri Kahulunan
Candi Plaosan: Bagian bangunan candi yang belum selesai dipugar seluruhnya. Saat ini para ahli sedang berusaha merekonstruksi kembali bangunan candi sesuai dengan aslinya.
Objek wisata Alam Deles Indah Objek wisata Deles Indah terletak di lereng gunung Merapi, tepatnya di Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Kabupaten Klaten. Objek wisata ini menawarkan panorama alam yang indah serta sejuknya hawa asli pegunungan.

Objek wisata Deles Indah
Berada di kawasan kaki gunung Merapi, merupakan salah satu objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan. Di area lokasi wisata Deles Indah tersedia beberapa fasilitas penunjang, diantaranya: - Pesanggrahan - Bumi Perkemahan - Penginapan Objek wisata Rawa Jombor Objek wisata Rawa Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat, merupakan daerah tujuan wisata dengan pemandangan alam yang sangat menarik, dengan hamparan air rawa yang jernih. Daerah tersebut dikelilingi oleh pegunungan kapur yang sangat indah. Oleh penduduk sekitar daerah tersebut dimanfaatkan sebagai tempat pancingan dan budidaya ikan dalam terumbu. Selain itu juga difungsikan sebagai tempat penampungan air untuk irigasi daerah-daerah sekitarnya. Yang menarik, kini di dalam rawa ini sangat banyak dijumlai warung-warung atau rumah makan apung yang banyak digemari para wisatawan.

Rawa Jombor
Selain untuk objek wisata dan pancingan, juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk budidaya ikan terumbu dan rumah makan apung. Tampak rumah-rumah makan apung di tengah rawa dengan latar balakang pegunungan yang indah nan elok, dan latar depan trumbu apung, yang dibudidayakan oleh warga masyarakat sekitar.
Sebagai daerah wisata, pada hari-hari besar tertentu, terutama hari libur dan hari besar nasional, jumlah pengunjung meningkat. Selain menikmati indahnya pemandangan dan angin yang sepoi-sepoi, juga tidak kalah asyiknya memancing bersama anggota keluarga. Pengunjung yang ingin menikmati masakan ikan goreng yang gurih, seperti kakap dan nila di tengah rawa dapat dijumpai rumah makan terapung yang biasa menghidangkan berbagai masakan tersebut.
Objek wisata air yang lain di Kabupaten Klaten diantaranya:
-Sumber air Nilo, yang terletak di kawasan pemancingan Janti, Desa Janti Kecamatan Polanharjo.
- Sumber air Ponggok di Dukuh Nganjat Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo.
Objek wisata Spiritual
Terdapat banyak tempat wisata spiritual di daerah Klaten yang tersebar hampir di seluruh pelosok kecamatan dalam Kabupaten Klaten. Adapun yang mudah dan banyak dikunjungi wisata untuk wisata spiritual ini antara lain:
1. MAKAM KI AGENG PANDANARAN
Makam Ki Ageng Pandanaran terletak di Desa Paseban Kecamatan Bayat, adalah salah satu tempat ziarah bagi umat Islam. Ki Ageng Pandanaran adalah tokoh dan ulama sebagai salah satu penyebar Agama Islam di tanah Jawa. Garbang menuju ke makam berbentuk Candi Bentar Majapahit. Ki Ageng Pandanaran merupakan keturunan terakhir Raja Majapahit.
Makam KiAgeng Pandanaran: Makam yang terletak di Desa Paseban Kecamatan Bayat, salah satu tempat ziarah bagi umat Islam
Pada hari-hari tertentu, banyak peziarah yang berdatangan, baik dari warga sekitar maupun dari daerah lain. sebagian peziarah ada yang melakukan tirakat di sana untuk meminta berkah, mohon doa restu, dilancarkan rejekinya, dan dimudahkan jodohnya.
Selain itu terdapat juga makam-makam sebagai tempat ziarah dan dikeramatkan, antara lain:
- Makam Ki Ageng Gribig di Desa Krajan Kecamatan Jatinom.
- Makam Ki Ageng Ranggawarsita di Desa Palar Kecamatan Trucuk.
- Makam Ki Ageng Perwita di Desa Ngreden Kecamatan Wonosari.
2. YA QOWIYYU
Perayaan tradisional ini berlangsung di Desa Jatinom Kecamatan Jatinom, 10 Kilometer dari pusat kota Klaten. Dilaksanakan setiap hari Jumat Bulan Shaffar. Dalam perayaan ini dilangsungkan upacara penyebaran kue-kue apem. Dalam setiap perayaan tidak kurang dari 4 sampai 5 ton kue apem dihabiskan untuk perayaan ini. Selain perayaan tradisional, di tempat tersebut terdapat goa alam yang oleh sebagian masyarakat digunakan untuk tirakat/bertapa.
Upacara Ya-Qowiyyu: Upacara tradisional yang diadakan setiap bulan Shaffar, di Desa Jatinom Kecamatan Jatinom.

3. KESENIAN JATILAN
Kesenian tradisional Jatilan adalah sebuah tarian yang konon mengandung unsur magis dengan menampilkan atraksi makan belin (pecahan kaca) dan menusuk lidah. Kesenian ini dapat dujumpai di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan.
Kesenian Jatilan: Seorang penari Jatilan dibuat intrans (tidak sadar) dan diberi makan beling (pecahan kaca), dalam menjalankan tariannya.


FASILITAS PELAYANAN
A. Kantor Desa Bugisan
B. Kantor BP-3 Prop. Jateng;
C. Kantor Camat Prambanan;
D. Kolam Renang Hotel Galuh;
E. Kantor Desa Tlogo;
F. Kantor Polsek Prambanan;
G. Kantor Pos Prambanan;
H. Rumah Makan Ayam Goreng mBok Berek;
I. Rumah Makan Yati Pesek;
J. Resto Ayam Kampung;
K. Mandala Wisata Prambanan;
L. Warpostel Bima Sena;
M. BRI Cabang Prambanan;
N. Radio Roro Jonggrang;

HOTEL
Hotel Ny.Muharti
-Ngangkruk Kebondalem
Telp 0274-496103
Hotel Sari
Ngangkruk Kebondalem Kidul
Telp 0274-496595
Hotel Prambanan Indah
JL.Candi Sewu Prambanan
Hotel Ramayana
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Kenanga II
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Srikandi
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-497831
Hotel Kenanga I
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496370
Hotel Mawar I
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496707
Hotel Mawar II
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Dewi Sinta
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Asri
JL.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496941
Restu Ibu
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Puri Jonggrang
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496708
Astha Graha
Bugisan Prambanan
Botan Hotel
JL.Manisrenggo Prambanan
Hotel Galuh
Jl.Manisrenggo Prambanan
Telp 0274-496855
Hotel Puri Indah
Sunggingan Pereng Prambanan
Hotel Prima
Karang Putih Tlogo Prambanan
Telp 0274-496579
Hotel Mawar II
Jontakan Taji Prambanan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home