Thursday, November 24, 2005

Kebumen - LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN

Kebumen - LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN

UPT. BALAI INFORMASI DAN KONSERVASI KEBUMIAN KARANG SAMBUNG

Latar Belakang
Wilayah Karangsambung, terletak + 19 Km utara kota Kebumen "BERIMAN" dengan koordinat antara 2o 42' - 3o 0' BT dan 7o 25' - 7o 38' LS. Karangsambung, merupakan suatu wilayah yang sangat spesifikasi untuk kepentingan Diklat Ilmu Kebumian. Dimana, di wilayah Karangsambung dapat dijumpai berbagai jenis batuan Beku, Sedimen dan Metamorfosa sebagai hasil proses tumbukan antara Lempeng Samudra Hindia-Australia dengan Lempeng Benua Eurasia.Sejak tahun 1964, wilayah Karangsambung telah dijadikan sebagai Kampus Lapangan Geologi dan pada tahun 1989 telah diubah menjadi UPT. Laboratorium Alam Geologi Karangsambung. Kemudian seiring dengan tugas pokok dan fungsinya, maka terhitung mulai tanggal 1 Juli 2002, diubah menjadi UPT. Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tempat Field Study
Karangsambung memiliki potensi ilmiah kebumian dengan kontribusi terhadap SDM dimana keberadaan Karangsambung merupakan Laboratorium Alam yang sangat menarik untuk dipelajari dan sering dipergunakan sebagai salah satu tempat Diklat Ilmu Kebumian (field Study). Bukti-bukti evolusi bumi yang unik, dan rumit terekam serta terhampar ideal untuk dipelajari (Morfologi, Stratigrafi, Struktur dan Tektonika serta beragam bantuan). Sehingga, dengan bentuk kegiantan Kuliah Lapangan/KL maupun Kuliah Kerja Lapangan/KKL berbagai PerguruanTinggi antara lain : Departemen Tehnik Geologi, Geofisika, dan Tambang-Fakultas Ilmu Kebumian danTehnologi Mineral ITB, Tehnik Geologi Universitas TRISAKTI Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UNPAD Bandung, termasuk Geografi dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), UNSIL Tasikmalaya, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Surakarta, Malang dan Lampung serta IKIP Veteran Semarang.

Potensi Kepariwisataan
Panorama alam dengan keindahan dan kemenakjuban fenomena yang langka, menjadikan Karangsambung sebagai Daerah Tujuan Wisata Minat Khusus. Kepariwisataan Kebumen, pada umumnya menyajikan kemenarikan objek yang mengandalkan alam (Geotourism). Sungguhpun demikian, dengan melakukan Geowisata Karangsambung baik dari kalangan pelajar dan atau wisatawan lainnya dapat menikmati aneka sajian materi ilmiah kebumian (Earth Sciences) yang sering dilakukan dengan bentuk kegiatan Study Tour maupun program Ekskursi Lapangan Karangsambung, yang diawali dengan study materi teori/informasi ilmiah , kemudian dilanjutkan study Morfologi Amphiteater, proses batuan Beku, Sedimen (Dasar Samudra menjadi Daratan) dan batuan Metamorfosa, berumur puluhan hingga ratusan juta tahun, dijumpai dan dipelajari pada objek-objek geowisata Karangsambung, dan diperlakukan program hunting batuan.

Fasiltas
Dalam kegiatan pelayanan jasa penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi/IPTEK bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian, UPT. Balai Infokrmasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung, merupakan salah satu dari Unit PelaksanaTeknis yang bertugas memberikan pelayanan terhadap pengguna atau wisatawan dengan menyediakan beberapa fasilitas mulai dari penginapan Dormitory untuk 150 orang dan Guest House untuk 20 orang, Class Room, ruang makan, Aula dengan kapasitas untuk 200 orang, Museum, Gedung Pusat Informasi Kebumian , Workshoop Batumulia/ souvenir, termasuk peralatan lapangan dan tenaga pembimbing/Guide Lapangan Karangsambung , hingga layanan penyediaan katering. Fasilitas tersebut, tertata dalam satu kompleks UPT. Balai Informasi Konservasi Kebumian Karangsambung-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, seluas 5 Ha di Desa Karangsambung pada ketinggian + 50 m dpl.


Konsep dan Program Pengembangan.
Karangsambung merupakan tempat terbaik di Indonesia bahkan di dunia untuk mempelajari proses-proses fundamental dalam pengembangan kerak bumi yang terkenal dengan "Teori Tektonik Lempeng", untuk itu harus selalu dijaga kelestariannya. Program pengembangan UPT LAGK menjadi Cagar Ilmu Pengetahuan Geologi Nasional Karangsambung ("Taman Alam Geologi Nasional Karangsambung") yang merupakan salah satu dari tiga prioritas pengembangan Kabupaten Kebumen. Konsep pengembangan kawasan karangsambung mencakup :

  1. Membuat kawasan lindung untuk Cagar Ilmu Pengetahuan Geologi Nasional Karangsambung ("Taman Alam Geologi Nasional Karangsambung") seluas sekitar 300 KmĀ² beserta kawasan penyangga dalam peraturan hukum dengan catatan bahwa penduduk yang bermukim dalam kawasan tetap berada ddalam kawasan tersebut.
  2. Pencagaran kenampakan geologi dengan batas-batas tertentu dan terpilih untuk Pengamanan secara total.
  3. Peningkatan kesadaran ilmiah masyarakat akan perlunya pelestarian lingkungan dan program-program pendukung lainnya.
  4. Tugas fungsi yang dikembangkan nantinya mencakup bidang penelitian, pendidikan formal maupun non formal, Pusat Dokumentasi dan informasi Sumberdaya Mineral, sebagai tempat wisata ilmu kebumian (geowisata) dan pembinaan industri batu mulia (UBIBAM).

Untuk mendorong dan mendukung konsep pengembangan menjadi Cagar Ilmu Pengetahuan Geologi Nasional ("Taman Alam Geologi Nasional"), maka beberapa program telah dan akan dilakukan antara lain :

  1. Pengukuran luas lokasi terpilih (30 lokasi) untuk kepentingan ilmiah, peningkatan kesadaran lingkungan dan ilmiah masyarakat, serta peningkatan keterampilan kerajinan batuan.
  2. Telah adanya SK Gubernur / KDH tingkat 1 Jawa Tengah, Nomor : 545/61/1995, tentang larangan Penambangan semua bahan galian golongan C di Wilayah Karangsambung.
  3. Pembangunan fasilitas gedugn-gedung (gambar 2) pengadaan pengolah dan uji mutu batu mulia serta peralatan lainnya secara menerus sampai mencukupi.
  4. Telah dan akan dilaksanakan secara menerus pengembangan hasil riset kebumian.
  5. Meningkatkan pengguna sarana untuk berbagai kalangan profesi baik dalam maupun luar negeri dan akan dikembangkan program-program kursus lanjutan maupun spesialis secara teratur dalam bidang ilmu kebumian dan teknologi mineral untuk lembaga pendidikan maupun industri mineral.
  6. Usaha untuk lebih mengenalkan sarana dan daya tarik Karangsambung secara nasional maupun internasional melalui berbagai organisasi profesi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home