Thursday, November 24, 2005

SOLO

SOLO

KRATON KASUNANAN

Didirikan oleh Pakubuwono II tahun 1745. Selain sebagai symbol pusat budaya jawa, didalamnya terdapat galleri yang menyimpan benda – benda kuno bersejarah antara lain kereta kencana, keris, wayang kulit. Dibagian depan terdapat sebuah bangunan “panggung songgobuwono yang konon merupakan tempat bersemedi raja untuk bertemu dengan penguasa laut selatan ( Ratu Roro Kidul ).

PURO MANGKUNEGARAN

Didirikan oleh Raden Mas Said yang Lebih dikenal sebagai Pangeran Sambernyowo pada tahun 1757 setelah penandatanganan perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Selain simbol pusat budaya, didalam Puro juga terdapat Musium yang menyimpan benda bersejarah dengan nilai seni tinggi seperti perhiasan untuk menari dari emas murni, topeng berbagai daerah, dan gamelan.

TAMAN JURUG

Sebuah Taman Rekreasi yang terletak ditepi sungai Bengawan solo, yang terkenal. Selain habitat hewan, taman rekreasi ini dilengkapi juga dengan fasilitas hiburan yang cukup representative, seperti aquarium raksasa dan bangunan pertunjukan seni keroncong.

MUSEUM RADYO PUSTOKO

Museum ini dibangun pada tahun 1890 oleh Kanjeng Adipati Sosrodiningrat IV.. Museum ini menyimpan benda – benda kuno yang mempunyai nilai sejarah tinggi seperti keris, gamelan, arca, keramik dan lainnya. Disamping itu, museum ini juga mempunyai koleksi buku – buku kesusastraan dalam bahasa Jawa dan Belanda.

SEKATEN

Sekaten adalah upacara tradisional yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan Maulud untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad. Sejarah sekaten dimulai sejak lebih 500 tahun yang lalu, untuk pertamakalinya pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Kerajaan Demak. Puncak acara dari perayaan Sekaten adalah keluarnya sepasang gunungan dari Mesjid Agung seusai didoakan oleh ulama Kraton. Banyak orang percaya bahwa siapapun yang mendapatkan gunungan tersebut, biarpun sedikit akan dikaruniai kebahagiaan dan kemakmuran. Beberapa hari menjelang dibukanya Sekaten, diadakan pesta rakyat yang berlangsung selama dua minggu.

SURO

Setiap 1 Suro diadakan kirab pusaka di Puro Mangkunegaran yang dimulai pukul 19.00, sedangkan di Kraton Surakarta kirab pusaka dimulai pada pukul 24.00. Barisan terdepan Kirab Pusaka Kraton Surakarta adalah kerbau bule keramat yang disebut Kyai Slamet, yang kemudian diikuti para abdi dalem dan prajurit Kraton. Upacara ini telah berlangsung selama lebih dari 250 tahun, berawal pada tahun 1633 ketika kerajaan Mataram dipimpin oleh Sultan Agung, salah satu raja Jawa yang paling populer.

SYAWALAN

Perayaan syawalan dimulai 1 hari setelah Hari Raya Idul Fitri, diselenggarakan di Taman Jurug yang terletak di tepi sungai Bengawan Solo. Ribuan orang menghadiri perayaan ini untuk memperoleh ketupat yang dibagikan. Berbagai pertunjukan tradisional diselenggarakan seperti dangdut, keroncong dan seni-seni tradisional lain

SRIWEDARI

Salah satu obyek wisata lain yang terkenal adalah Sriwedari. Taman ini selain menyuguhkan kesian wayang orang setiap malam, juga dilengkapi sarana permainan anak yang cukup representatif. Disekitarnya terdapat Pujasari (Komplek jajanan sarwo asri) yang menghidangkan makanan berbagai ragam dan toko-toko cinderamata.

Sebagai Kota yang tengah pesat berkembang baik jasa maupun perdagangannya, Surakarta telah memiliki berbagai macam kebutuhan infrastruktur kota modern. Surakarta mudah dijangkau dari berbagai arah melalui jalan darat. Selain itu, pusat kota Surakarta juga hanya berjarak sekitar 12 Km dari Bandara Adisumarmo. Jaringan transportasi dalam kota mobilitasnya sangat lancar melalui berbagai kendaraan bermotor (taxi/ bis kota), serta angkuta tradisionil becak serta andong.
Untuk akomodasi, tersedia hotel dari kelas melati sampai bintang 5. Fasilitas komunikasi dapat dilakukan melalui persebaran berbagai wartel (warung telekomunikasi) dan warnet (warung internet) di berbagai titik sudut di kota Surakarta. Sedang makanan tersedia di berbagai resto, kafe dan pub dengan sajian berbagai variasi makanan internasional dan daerah. Yang tak kalah menariknya, pada saat ini adalah HIK (angkringan), tipologi warung makanan lesehan (duduk dengan tikar) dipinggir jalan protokol yang sedang menjadi trend bagi kaum kelas menengah dan atas. HIK dapat dijumpai di Lapangan Manahan, Tipes, Monumen Pers dan sebagainya.
Berikut adalah rincian gambaran distribusi akomodasi dan transportasi persektor

PENERBANGAN / AIRLINES

GARUDA INDONESIA PT
Jl. Slamet Riyadi 201 - Telp. 630082
Jl. Slamet Riyadi 136 - Telp. 644212

SILK AIR
Jl. Slamet Royadi 272 (Hotel Novotel)
Telp. 724604

HOTEL

LOR IN SOLO
Jl. Adisucipto 47 - Telp. 724500

KUSUMA SAHID RAYA SOLO
Jl. Sugiyopranoto 20 - Telp. 646356

NOVOTEL SOLO
Jl. Gajah Mada 272 - Telp. 724555

QUALITY
Jl. Ahmad Yani 40 - Telp. 738667

SAHID RAYA
Jl. Gajah Mada 82 - Telp. 644144

AGAS
Jl. Muwardi 44 - Telp. 714888

CAKRA
Jl. Slamet Riyadi 201 - Telp. 645847

HOTEL DANA
Jl. Slamet Riyadi 36 - Telp. 711976


TOUR AND TRAVEL

PESONA DUNIA TOUR
Jl. Ronggowarsito 82 - Telp. 651009

GAPURA PUSAKA SAKTI TOUR
Jl. Ahmad Dahlan 7 - Telp. 651006

NATRA TOUR
Jl. Gajah Mada 86 - Telp. 641081

NIKI TOUR
Jl. Sutowijoyo 45 - Telp. 717733

ROSALIA INDAH TOUR
Jl. Slamet Riyadi 102 - Telp. 825173

SAHID GEMA WISATA TOUR
Jl. Gajah Mada 82 - Telp. 652256

SOLO INTA WISATA TOUR
Jl. Slamet Riyadi 86 - Telp. 656128

SUBUR PUTRA WISATA
Jl. Slamet Riyadi 275 - Telp. 733338


RESTO AND CAFÉ

AYAM GORENG NY. SUHARTI
Jl. Raya Kartosuro Pabelan

ADEM AYEM
Jl. Slamet Riyadi 234

LESEHAN KUSUMASARI
Jl. Yos Sudarso 75 Solo

O-SOLO MIO
Jl. Slamet Riyadi 253

SOTO GADING
Jl. Brigjen Sudiarto 75

TIMLO SOLO
Jl. Jl. Urip Sumoharjo 94

RESTAURANT BOGA
Jl. Musium No. 1

RESTAURANT ORIENT
Jl. Slamet Riyadi 397

RESTAURANT DIAMOND
Jl. Slamet Riyadi 394

AYAM GORENG WONG SOLO
Jl. Slamet Riyadi 299

0 Comments:

Post a Comment

<< Home