Thursday, November 24, 2005

Showing

Untuk tampilan lebih lengkap, silakan klik "nama bulan" waktu posting pada "Archives" dikolom kiri bawah atau pada "previous post"
Ket : Urutan posting dari bawah ke atas

Kabupaten Kebumen

Kabupaten Kebumen


Wisata Kebumen

Berkunjung ke wisata alam merupakan seni tersendiri. Disamping dapat membuktikan keagungan Tuhan YME, petualangan di alam bebas memberikan kepuasan batin yang tiada banding.

GOA JATIJAJAR
Terletak 21 Km sebelah barat daya Kecamatan Gombong, atau 42 Km sebelah barat daya kota Kebumen. Legenda di dalam goa menggambarkan legenda Raden Kamandaka atau legenda lutung kasarung. Panjang goa adalah 250 meter. Di area Goa Jatijajar ini juga terdapat beberapa goa lainnya, seperti Goa Intan dan Goa Dempok serta tersedia taman dan Pulau Kera.
Untuk menuju ke obyek wisata ini telah tersedia sarana dan prasara transportasi, penginapan serta rumah makan yang relatif representatif. Patung Dinosaurus yang seolah memuntahkan air dalam lokasi wisata ini sebenarnya merupakan muara dari mata air dari dalam goa jatijajar yang tiada pernah berhenti walau musim kemarau sekalipun.
Obyek wisata Goa Jatijajar dilengkapi taman yang asri dilengkapi dengan taman bermain. Taman ini diberi nama Pulau Kera, karena di taman ini terdapat banyak patung kera. Digerbang Mulut Goa Jatijajar, terdapat lobang di antara stalagnit, sehingga bila cahaya matahari masuk terlihat sangat indah. Goa Jatijajar merupakan bukti dari legenda Kamandaka (Lutung Kasarung), dimana kisah ini secara tersirat dikisahkan melalui patung-patung yang ada di dalam Goa Jatijajar. Di dalam goa Jatijajar terdapat sebuah mata air (sendang) yang konon kabarnya akan membuat awet muda bagi yang mencuci muka di sana. Ingin bukti, datang dan cobalah.....
Disamping Goa Jatijajar, masih terdapat goa yang lain seperti Goa Dempok ini. Stalagtit yang terdapat di dalam Goa Dempok terbentuk secara alami selama ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Hingga kini masih terjaga keasliannya. Goa Intan berada satu lokasi dengan obyek wisata Goa Jatijajar. Goa ini memiliki keunikan tersendiri dengan langit goa yang relatif tidak terlalu tinggi.

GOA PETRUK
(Petruk Cave)
Terletak 7 Km selatan Goa Jatijajar. Petruk diturunkan dari nama pengikut setia Pandawa dalam Cerita pewayangan. Goa ini sangat mempesona. Tetesan air kapur terdengar bagaikan kebisingan yang tiada henti. Banyak stalaktit yang menyerupai bentuk kehidupan di dunia, seperti halnya stalaktit seperti anjing duduk ini. Stalaktit ini sangat memukau pengunjung karena menyerupai Tokoh Semar dalam cerita pewayangan. Gorden raksasa akan mengingatkan betapa Maha Kuasanya Tuhan YME dan segala ciptaannya di bumi dan di langit.
Boneka-boneka mungil terdapat di dalam Goa Petruk diantara aliran air dalam gua yang sejuk. Stalaktit ini sangat mirip dengan payudara yang tidak terdapat di tempat lain. Tangan anda dapat menyentuhnya karena dinding goa yang tidak terlalu tinggi.

PANTAI AYAH
Terletak 9 Km dari Goa Jatijajar. Pantai pasirnya sangat luas dan mempesona. Wisatawan dapat menyewa perahu sambil menatap indahnya perbukitan. Di sini anda dapat menyaksikan matahari tenggelam yang mengagumkan.

PANTAI KARANGBOLONG
Nuansa perbukitan yang asri dan lambaian pohon kelapa serasa menyejukkan hati. Pantai Karangbolong menyimpan berbagai keindahan. Disamping pantai yang menawan, Pantai Karangbolong juga menyimpan keindahan karang dengan sarang burung waletnya.

PANTAI PETANAHAN
Terletak 17 Km Barat daya Kota Kebumen. Dengan ombak besarnya, Pantai Petanahan memiliki daya tarik tersendiri. Di lokasi ini juga dilengkapi panggung terbuka bagi acara-acara seni rakyat.

ARUNG JERAM PADEGOLAN
Lokasinya sepanjang sungai Padegolan yang akan membuat hidup bagai mimpi. Jika anda petualang sejati, cobalah arungi tantangan ini dan raih kemenangan alami

PANTAI PASIR
Pantai Pasir dipercayai sebagai pintu gerbang Nyai Roro Kidul
(Pasir Beach) Terletak 24 Km sebelah selatan Kota Gombong atau 7 Km sebelah barat pantai Karangbolong. Dibalik keindahan alam yang memukau, Pantai Pasir diyakini masyarakat setempat sebagai pintu gerbang Istana Nyi Roro Kidul. Adapun pintu gerbang tersebut berupa Batu Karang yang seperti berujud Beruang yang sedang minum air telaga. Disamping wisata alam pantai yang menawan, Pantai Pasir juga merupakan lokasi menarik bagi yang suka berbelanja hasil laut, karena Pantai Pasir juga merupakan tempat pelelangan ikan (TPI) utama Kabupaten Kebumen. Pemandangan di sekeliling Pantai Pasir merupakan perpaduan antara alam laut yang indah, pegunungan yang anggun serta wilayah pertanian dan pertambakan yang subur.

Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti
Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti memiliki karang terjal dengan bukit yang keperak-perakan serta pasir putih yang menawan.
Kedua pantai ini merupakan obyek wisata bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan sedikit resiko. Lokasinya 7 Km dari Pantai Ayah. Untuk menuju lokasi ini wisatawan harus berjalan kaki sejauh 3 Km dari lokasi parkir kendaraan terdekat. Bentangan datar dekat Pantai Tanjungbata begitu indahnya. Panorama alam pantai yang menawan. Kerasnya ombak Pantai Selatan tidak menggoyahkan tebing karang yang tegar ini. Bentuk karang laut inilah yang membuat Pantai ini disebut Tanjungbata karena bentuknya yang mirip Batu Bata raksasa. Bila anda pernah datang ke Pantai Kuta Bali, maka anda akan merasakan kekaguman yang sama saat melihat Pantai Pasir Putih Menganti ini. Ombak yang tidak terlalu keras membuat obyek wisata ini sangat menarik sebagai lokasi santai sambil bermain di pantai pasir putih yang lembut. Investasi di Pantai ini merupakan tantangan bagi investor yang berminat mengembangkannya.

Pemandian Air Panas Krakal
Pemandian Air Panas Krakal memiliki mata air yang tidak pernah kering walau musin kemarau panjang sekalipun.

Waduk Serbaguna Sempor
Waduk Serbaguna Sempor memiliki pemandangan alam indah, dilengkapi dengan arena bermain anak-anak, tempat parkir, cottage serta panggung terbuka.

WADUK WADAS LINTANG
Waduk Wadaslintang mempunyai luas sembilan kali Waduk Sempor. Letaknya 34 Km Arah Timur Laut Kota Kebumen.

Benteng Van Der Wijck
Terletak di kota Gombong kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dibangun pada abad ke XVIII oleh Belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan, kemungkinan nama komandan pada saat itu. Mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum 21 km dari Kebumen, atau 100 km dari Candi Borobudur. Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama FRANS DAVID COCHIUS (1787 - 1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya diabadikan menjadi Benteng GENERAAL COCHIUS. Selanjutnya Benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer.
Data tehnis Benteng :
  • Luas Benteng atas 3606,625m2.
  • Benteng bawah 3606,625 m2.
  • Tinggi Benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m.
  • terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 x 11,32 m.


JARAK LOKASI

Jarak Antar Kota

Jakarta - Kebumen 420 Km
Bandung - Kebumen 318 Km
Purwokerto - Kebumen 80 Km
Semarang - Kebumen 180 Km
Magelang - Kebumen 90 Km
Yogyakarta - Kebumen 110 Km
Solo - Kebumen 175 Km
Surabaya - Kebumen 437 Km


Jarak Obyek-obyek Wisata

Kebumen - Gombong 21 Km
Kebumen - Krakal 11 Km
Gombong - Goa Jatijajar 21 Km
Gombong - Goa Petruk 25 Km
Gombong - Pantai Ayah 29 Km
Gombong - Karangbolong 18 Km
Goa Jatijajar - Goa Petruk 7 Km
Goa Jatijajar - Pantai Ayah 11 Km
Goa Petruk - Pantai Ayah 4 Km
Kebumen - Pantai Petanahan 19 Km
Kebumen - Karang Sambung 18 Km

Gambar Kabupaten Kebumen





Gambar Kabupaten Kebumen

Gambar Kabupaten Kebumen






Gambar Kabupaten Kebumen

Gambar Kabupaten Kebumen





Gambar Kabupaten Kebumen Dari atas :
  1. Arung Jeram
  2. Benteng Van Der Wich
  3. Geo Tourism
  4. Goa Jatijajar
  5. karang Bolong
  6. Pantai Ayah
  7. Krakal
  8. Pasir
  9. Petanahan
  10. Goa Petruk
  11. Waduk Sempor
  12. Tanjung Bata
  13. Wadas Lintang

Kebumen - Hotel - Resto

Kebumen - Hotel


Aman
Class : M.3
Jl. Revolusi 88 Karanganyar
Phone : 551018


Agung
M.1
Jl. Yos Sudarso 455 Gombong
471370


B a r u
M.1
Jl. Yos Sudarso 382 Gombong

Ganesha
M.1
Jl. Yos Sudarso 434 Gombong
471098,471605


Dunia
M.1
Jl. Pemuda 13 Gombong
471285


Elpramit
M.2
Jl. Pemuda 129 B Kebumen
381290


Grafika
M.3
Jl. Yos Sudarso 565 Gombong
471205


Istana
M.3
Jl. Yos Sudarso Barat 559 Gombong
471028


Marsiwo
M.3
Jl. Yos Sudarso Timur 72 Gombong
471176


Patra
M.2
Jl. Pemuda 72 Kebumen
381520


Nasional
M.3
Jl. Pemuda 63 Kebumen
381083


Pusaka
M.1
Jl. Pemuda 123 Kebumen
381227


Putera
M.1
Jl. Pemuda 31 Kebumen
382021


Slamet
M.1
Jl. Yos Sudarso 391 Gombong

Trio
M.2
Jl. Yos Sudarso 441 Gombong
471103


Graha Putra
Jl. Stasiun 6 Gombong
471006


Resik
M.3
Ds. Purbowangi - Buayan
471645


Puspita
M.1
Ds. Jatijajar Kec. Ayah

Candisari
M.3
Jl. Raya Karanganyar Km.2
551336


Luk Ulo
M.1
Jl. Bocor 15 Tamanwinangun Kebumen
382966



Kebumen - Restaurant

TENTREM
Jl. Yos Sudarso 437 Gombong
71023

TASIK PURBOWANGI
Ds. Purbowangi Kec. Buayan
71645

ISTANA
Jl. Yos Sudarso 559 Gombong
71028

GRAFIKA
Jl. Yos Sudarso 565 Gombong
71552

TASIK P. BAMBU
Jl. Jl. Yos Sudarso Timur Gombong
71547

LEMBUR KURING
Jl. Jl. Yos Sudarso Timur Gombong
72377

MATARAM
Ds. Kretek Kec. Buayan

LESTARI
Jl. Revolusi 6 Karang Anyar
51158

JAKARTA
Ds. Panjatan Karanganyar
57138

CANDISARI
Jl. Raya Km. 2 Karanganyar
51266

CITRA MINANG
Jl. Revolusi Karanganyar
51232

SALOPA
Ds. Klepusanggar Kec Sruweng
51244

SARI BUNDO
Jl. HM Sarbini 72 Kebumen
81657

MIRASA
Jl. Pahlawan 107 Kebumen
81554

PANCAWARNA
Jl. Pahlawan 105 Kebumen
81599

CAHAYA KOTA
Jl. A. Yani 96 Kebumen
81106

WONOSARI
Jl. Kutoarjo Kebumen

Kebumen - LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN

Kebumen - LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN

UPT. BALAI INFORMASI DAN KONSERVASI KEBUMIAN KARANG SAMBUNG

Latar Belakang
Wilayah Karangsambung, terletak + 19 Km utara kota Kebumen "BERIMAN" dengan koordinat antara 2o 42' - 3o 0' BT dan 7o 25' - 7o 38' LS. Karangsambung, merupakan suatu wilayah yang sangat spesifikasi untuk kepentingan Diklat Ilmu Kebumian. Dimana, di wilayah Karangsambung dapat dijumpai berbagai jenis batuan Beku, Sedimen dan Metamorfosa sebagai hasil proses tumbukan antara Lempeng Samudra Hindia-Australia dengan Lempeng Benua Eurasia.Sejak tahun 1964, wilayah Karangsambung telah dijadikan sebagai Kampus Lapangan Geologi dan pada tahun 1989 telah diubah menjadi UPT. Laboratorium Alam Geologi Karangsambung. Kemudian seiring dengan tugas pokok dan fungsinya, maka terhitung mulai tanggal 1 Juli 2002, diubah menjadi UPT. Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tempat Field Study
Karangsambung memiliki potensi ilmiah kebumian dengan kontribusi terhadap SDM dimana keberadaan Karangsambung merupakan Laboratorium Alam yang sangat menarik untuk dipelajari dan sering dipergunakan sebagai salah satu tempat Diklat Ilmu Kebumian (field Study). Bukti-bukti evolusi bumi yang unik, dan rumit terekam serta terhampar ideal untuk dipelajari (Morfologi, Stratigrafi, Struktur dan Tektonika serta beragam bantuan). Sehingga, dengan bentuk kegiantan Kuliah Lapangan/KL maupun Kuliah Kerja Lapangan/KKL berbagai PerguruanTinggi antara lain : Departemen Tehnik Geologi, Geofisika, dan Tambang-Fakultas Ilmu Kebumian danTehnologi Mineral ITB, Tehnik Geologi Universitas TRISAKTI Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UNPAD Bandung, termasuk Geografi dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), UNSIL Tasikmalaya, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Surakarta, Malang dan Lampung serta IKIP Veteran Semarang.

Potensi Kepariwisataan
Panorama alam dengan keindahan dan kemenakjuban fenomena yang langka, menjadikan Karangsambung sebagai Daerah Tujuan Wisata Minat Khusus. Kepariwisataan Kebumen, pada umumnya menyajikan kemenarikan objek yang mengandalkan alam (Geotourism). Sungguhpun demikian, dengan melakukan Geowisata Karangsambung baik dari kalangan pelajar dan atau wisatawan lainnya dapat menikmati aneka sajian materi ilmiah kebumian (Earth Sciences) yang sering dilakukan dengan bentuk kegiatan Study Tour maupun program Ekskursi Lapangan Karangsambung, yang diawali dengan study materi teori/informasi ilmiah , kemudian dilanjutkan study Morfologi Amphiteater, proses batuan Beku, Sedimen (Dasar Samudra menjadi Daratan) dan batuan Metamorfosa, berumur puluhan hingga ratusan juta tahun, dijumpai dan dipelajari pada objek-objek geowisata Karangsambung, dan diperlakukan program hunting batuan.

Fasiltas
Dalam kegiatan pelayanan jasa penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi/IPTEK bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian, UPT. Balai Infokrmasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung, merupakan salah satu dari Unit PelaksanaTeknis yang bertugas memberikan pelayanan terhadap pengguna atau wisatawan dengan menyediakan beberapa fasilitas mulai dari penginapan Dormitory untuk 150 orang dan Guest House untuk 20 orang, Class Room, ruang makan, Aula dengan kapasitas untuk 200 orang, Museum, Gedung Pusat Informasi Kebumian , Workshoop Batumulia/ souvenir, termasuk peralatan lapangan dan tenaga pembimbing/Guide Lapangan Karangsambung , hingga layanan penyediaan katering. Fasilitas tersebut, tertata dalam satu kompleks UPT. Balai Informasi Konservasi Kebumian Karangsambung-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, seluas 5 Ha di Desa Karangsambung pada ketinggian + 50 m dpl.


Konsep dan Program Pengembangan.
Karangsambung merupakan tempat terbaik di Indonesia bahkan di dunia untuk mempelajari proses-proses fundamental dalam pengembangan kerak bumi yang terkenal dengan "Teori Tektonik Lempeng", untuk itu harus selalu dijaga kelestariannya. Program pengembangan UPT LAGK menjadi Cagar Ilmu Pengetahuan Geologi Nasional Karangsambung ("Taman Alam Geologi Nasional Karangsambung") yang merupakan salah satu dari tiga prioritas pengembangan Kabupaten Kebumen. Konsep pengembangan kawasan karangsambung mencakup :

  1. Membuat kawasan lindung untuk Cagar Ilmu Pengetahuan Geologi Nasional Karangsambung ("Taman Alam Geologi Nasional Karangsambung") seluas sekitar 300 Km² beserta kawasan penyangga dalam peraturan hukum dengan catatan bahwa penduduk yang bermukim dalam kawasan tetap berada ddalam kawasan tersebut.
  2. Pencagaran kenampakan geologi dengan batas-batas tertentu dan terpilih untuk Pengamanan secara total.
  3. Peningkatan kesadaran ilmiah masyarakat akan perlunya pelestarian lingkungan dan program-program pendukung lainnya.
  4. Tugas fungsi yang dikembangkan nantinya mencakup bidang penelitian, pendidikan formal maupun non formal, Pusat Dokumentasi dan informasi Sumberdaya Mineral, sebagai tempat wisata ilmu kebumian (geowisata) dan pembinaan industri batu mulia (UBIBAM).

Untuk mendorong dan mendukung konsep pengembangan menjadi Cagar Ilmu Pengetahuan Geologi Nasional ("Taman Alam Geologi Nasional"), maka beberapa program telah dan akan dilakukan antara lain :

  1. Pengukuran luas lokasi terpilih (30 lokasi) untuk kepentingan ilmiah, peningkatan kesadaran lingkungan dan ilmiah masyarakat, serta peningkatan keterampilan kerajinan batuan.
  2. Telah adanya SK Gubernur / KDH tingkat 1 Jawa Tengah, Nomor : 545/61/1995, tentang larangan Penambangan semua bahan galian golongan C di Wilayah Karangsambung.
  3. Pembangunan fasilitas gedugn-gedung (gambar 2) pengadaan pengolah dan uji mutu batu mulia serta peralatan lainnya secara menerus sampai mencukupi.
  4. Telah dan akan dilaksanakan secara menerus pengembangan hasil riset kebumian.
  5. Meningkatkan pengguna sarana untuk berbagai kalangan profesi baik dalam maupun luar negeri dan akan dikembangkan program-program kursus lanjutan maupun spesialis secara teratur dalam bidang ilmu kebumian dan teknologi mineral untuk lembaga pendidikan maupun industri mineral.
  6. Usaha untuk lebih mengenalkan sarana dan daya tarik Karangsambung secara nasional maupun internasional melalui berbagai organisasi profesi.

KABUPATEN PURWOREJO

KABUPATEN PURWOREJO

Goa Seplawan
merupakan obyek wisata dimana didalam goa tersebut dulu ditemukan sepasang patung yang terbuat dari emas dan sekarang telah diabadikan dimuseum nasional. PANTAI Obyek Wisata Pantai Jati-malang Terletak di Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, merupakan salah satu tempat dari kawasan pantai selatan wilayah Kabupaten Purworejo sepanjang 21 km meliputi 3 wilayah Kecamatan Grabag, Ngombol dan Purwodadi .

Gambar Kabupaten Purworejo


Gambar Kabupaten Purworejo :

  1. Gua

KABUPATEN KLATEN

KABUPATEN KLATEN

Kabupaten Klaten terdapat bermacam-macam objek wisata, sarana wisata seni tradisional, upacara tradisional yang cukup potensial dan merupakan pintu gerbang sebelah selatan objek wisata Jawa Tengah.


Pariwisata
Di bidang pariwisata, Klaten tidak hanya memiliki Candi Prambanan yang sudah terkenal di seluruh dunia. Masih banyak lagi obyek wisata potensial yang siap dikembangkan.

Obyek pariwisata pilihan di Klaten antara lain:
- Candi Prambanan
- Wisata Alam Deles Indah,
- Telaga Jombor,
- Museum Gula,
- Kompleks Candi Sewu
- Kawasan Pancingan Janti
- Wisata Tradisi Saparan, dll

Objek wisata unggulan di Kabupaten Klaten meliputi antara lain:

CANDI PRAMBANAN
Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbersar di Indonesia, Berketingian 47 meter, dibangun pada abad 9, Letaknya berada 17 km arah timur Jogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo,
Candi yang utama yaitu Siwa (Tengah) Candi Brahma (Selatan) dan Candi Wisnu (utara). Di depannya terletak candi Wahana (Kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angsa adalah kendaraan Brama (Dewa Penjaga); Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Perusak) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pencipta).
Sebagai peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memang memiliki pesona keindahan tersendiri. Sebab selain bentuk bangunan dan tata letaknya yang menakjubkan, candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik wisatawan. Tak heran bila candi yang terletak di tepi jalan raya 17 Km dari Yogyakarta menuju Solo ini menjadi obyek wisata andalan bagi kedua kota tersebut.
Komplek candi yang dibangun pada abad 9 M ini memiliki tiga bangunan utama berarsitektur indah setinggi 47 meter. Ketiga bangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentang tiga dewa utama yang terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) di tengah,
Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di utara. Kemudian di depan bangunan utama ini terdapat tiga candi yang lebih kecil sebagai perlambang Wahana (kendaraan) dari Trimurti. Ketiga candi tersebut adalah Candi Nandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa, Candi Angsa kendaraannya Brahma, dan Candi Garuda kendaraan Wisnu.
Para wisatawan juga dapat melihat dan mengikuti kisah cerita Ramayana yang reliefnya dipahatkan searah jarum jam pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma. Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief cerita Krisnayana.

LEGENDA CANDI PRAMBANAN
Memasuki Candi Utama (Candi Siwa) arah Utara, Pengunjung dapat melihat patung seorang putri cantik(Roro Jonggrang). Menurut legenda, Roro Jongrang adalah putri Raja Boko yang dikutuk menjadi patung oleh Bandung Bondowoso (Seorang lelaki Perkasa Putra Raja Pengging) yang ingin menikahinya. Roro Jongrang tidak mencintai, Bandung Bondowoso bersedia dinikahi dengan mengajukan syarat apabila Bandung dapat membuatkan seribu candi dalam satu malam dan Bandung menyanggupinya.
Dengan kekuatan supra naturalnya Bandung hampir menyelesaikan tugasnya, namun Roro Jonggrang berusaha menggagalkan dengan cara memerintah para wanita desa yang berada disebelah timur tempat Bandung membuat Candi untuk membakar jerami dan menumbuk padi, hingga suasananya seperti dini hari dan ayam-ayam pada berkokok,maka pada saat itu kekuatan supra natural untuk menggunakan jin/ setan berlarian semua karena mereka mengira pagi telah datang. Dan karena tidak dapat menahan amarahnya Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.
Kisah legenda tersebut secara lengkap dapat wisatawan lihat di gedung Museum yang berada di dalam lokasi Candi Prambanan. Sebab selain memiliki ruang Audio Visual yang memutarkan film selama 15 menit tentang sejarah ditemukannya Candi Prambanan hingga proses renovasi dan purna pugarnya secara lengkap, Museum ini juga memamerkan koleksi benda-benda arkeologi serta perhiasan-perhiasan peninggalan raja Mataram kuno yang ditemukan di Wonoboyo, Klaten.
Selain merupakan tempat wisata situs candi, di kawasan tersebut juga dilengkapi fasilitas-fasilitas berupa: - Taman bermain anak-anak. - Penjual cendera mata khas candi. - Sarana penunjang lain seperti rumah makan, makam, area parkir, dan sarana ibadah.

Objek wisata Candi Sewu Prambanan
Masih di kawasan Candi Prambanan, kurang lebih 1 km di utara, wisatawan juga dapat melihat komplek bangunan suci Candi Sewu. Agak berbeda dengan Prambanan, Candi Sewu merupakan peninggalan kebudayaan Buddha kedua terbesar setelah Borobudur.
Berdasarkan prasasti dan data arsitekturnya, Candi Sewu dibangun sekitar tahun 782 M–792 M, tepatnya pada masa pemerintahan Rakai Panakaran dan Rakai Panaraban (seorang raja besar Mataram kuno). Dan merajuk pada prasasti berangka tahun 714 C atau 792 M yang ditemukan pada tahun 1960 disini, nama asli Candi Sewu adalah Manjus’rigrha atau rumah Manjusri, yaitu salah satu Boddhisatwa dalam agama Buddha.
Bangunan candi ini terletak di kawasan taman wisata Candi Prambanan, meripakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-19 oleh keluarga Syailendra. Diperkirakan candi ini sebagai biara para Bhiksu karena terdapat banyak kamar.
Candi Sewu Prambanan: Candi sewu dari salah satu sisinya, bangunan ini telah dipugar oleh pemerintah melalui taman wisata candi.
Pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan Candi Brahma dipahat relief cerita Ramayana tersebut searah jarum jam, dan relief selanjutnya disambung di Candi brahma.

Fasilitas Lain
Segala informasi yang berkenaan dengan Candi Prambanan, berikut berbagai jenis cindera mata, hingga buku-buku kepariwisataan dan potensi tujuan wisata sekitar DIY atau Jateng, bisa wisatawan dapatkan di Pusat Penerangan Candi Prambanan. Dan demi memudahkan wisatawan menikmati segala keindahan, disediakan sebuah rangkaian Kereta Mini yang akan mengelilingi kawasan Taman Wisata Candi Prambanan hingga ke Candi Sewu. Selain itu, kawasan Taman Wisata Candi Prambanan juga memiliki Arena Bermain Anak-Anak yang sejuk dan nyaman, dimana sering digunakan sebagai tempat lomba burung berkicau. Masyarakat umum juga dapat memanfaatkan Bumi Perkemahan Rama Shinta yang tersedia di dalam kawasan untuk acara-acara pertemuan, acara keluarga, ulang tahun, perpisahan sekolah maupun resepsi pernikahan. Sebab di Bumi Perkemahan tersedia tempat parkir, pendopo, toilet, kamar mandi dan lapangan olahraga yang dapat dimanfaatkan. Bahkan disini juga tersdia penyewaan tenda, pengeras suara, meja, kursi, lampu penerangan dan acara kesenian Reog, Jatilan.Peluang bisnis di sektor ini meliputi, perhotelan, kerajinan, biro perjalanan, tranportasi, dll.
Objek wisata Candi Plaosan
Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan, merupakan bangunan candi dengan perpaduan arsitektur Hindu dan Buddha. Candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya Pramudyawardani. Candi ini terdiri dari dua kelompok yaitu : kelompok candi Plaosan Lor dan kidul,candi ini dikelilingi oleh 116 buah stupa pewara dan 50 buah candi pewara. Candi induk Plaosan Lor dipugar tahun 1962 didalam kamar candi induk terdapat 6 buah arca Dhayani Budisatwa al Awalokiteswara,Wajrapani dan Padmapani,Candi ini dibangun atas kerjasama Raja Pikatan dan Cri Kahulunan
Candi Plaosan: Bagian bangunan candi yang belum selesai dipugar seluruhnya. Saat ini para ahli sedang berusaha merekonstruksi kembali bangunan candi sesuai dengan aslinya.
Objek wisata Alam Deles Indah Objek wisata Deles Indah terletak di lereng gunung Merapi, tepatnya di Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Kabupaten Klaten. Objek wisata ini menawarkan panorama alam yang indah serta sejuknya hawa asli pegunungan.

Objek wisata Deles Indah
Berada di kawasan kaki gunung Merapi, merupakan salah satu objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan. Di area lokasi wisata Deles Indah tersedia beberapa fasilitas penunjang, diantaranya: - Pesanggrahan - Bumi Perkemahan - Penginapan Objek wisata Rawa Jombor Objek wisata Rawa Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat, merupakan daerah tujuan wisata dengan pemandangan alam yang sangat menarik, dengan hamparan air rawa yang jernih. Daerah tersebut dikelilingi oleh pegunungan kapur yang sangat indah. Oleh penduduk sekitar daerah tersebut dimanfaatkan sebagai tempat pancingan dan budidaya ikan dalam terumbu. Selain itu juga difungsikan sebagai tempat penampungan air untuk irigasi daerah-daerah sekitarnya. Yang menarik, kini di dalam rawa ini sangat banyak dijumlai warung-warung atau rumah makan apung yang banyak digemari para wisatawan.

Rawa Jombor
Selain untuk objek wisata dan pancingan, juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk budidaya ikan terumbu dan rumah makan apung. Tampak rumah-rumah makan apung di tengah rawa dengan latar balakang pegunungan yang indah nan elok, dan latar depan trumbu apung, yang dibudidayakan oleh warga masyarakat sekitar.
Sebagai daerah wisata, pada hari-hari besar tertentu, terutama hari libur dan hari besar nasional, jumlah pengunjung meningkat. Selain menikmati indahnya pemandangan dan angin yang sepoi-sepoi, juga tidak kalah asyiknya memancing bersama anggota keluarga. Pengunjung yang ingin menikmati masakan ikan goreng yang gurih, seperti kakap dan nila di tengah rawa dapat dijumpai rumah makan terapung yang biasa menghidangkan berbagai masakan tersebut.
Objek wisata air yang lain di Kabupaten Klaten diantaranya:
-Sumber air Nilo, yang terletak di kawasan pemancingan Janti, Desa Janti Kecamatan Polanharjo.
- Sumber air Ponggok di Dukuh Nganjat Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo.
Objek wisata Spiritual
Terdapat banyak tempat wisata spiritual di daerah Klaten yang tersebar hampir di seluruh pelosok kecamatan dalam Kabupaten Klaten. Adapun yang mudah dan banyak dikunjungi wisata untuk wisata spiritual ini antara lain:
1. MAKAM KI AGENG PANDANARAN
Makam Ki Ageng Pandanaran terletak di Desa Paseban Kecamatan Bayat, adalah salah satu tempat ziarah bagi umat Islam. Ki Ageng Pandanaran adalah tokoh dan ulama sebagai salah satu penyebar Agama Islam di tanah Jawa. Garbang menuju ke makam berbentuk Candi Bentar Majapahit. Ki Ageng Pandanaran merupakan keturunan terakhir Raja Majapahit.
Makam KiAgeng Pandanaran: Makam yang terletak di Desa Paseban Kecamatan Bayat, salah satu tempat ziarah bagi umat Islam
Pada hari-hari tertentu, banyak peziarah yang berdatangan, baik dari warga sekitar maupun dari daerah lain. sebagian peziarah ada yang melakukan tirakat di sana untuk meminta berkah, mohon doa restu, dilancarkan rejekinya, dan dimudahkan jodohnya.
Selain itu terdapat juga makam-makam sebagai tempat ziarah dan dikeramatkan, antara lain:
- Makam Ki Ageng Gribig di Desa Krajan Kecamatan Jatinom.
- Makam Ki Ageng Ranggawarsita di Desa Palar Kecamatan Trucuk.
- Makam Ki Ageng Perwita di Desa Ngreden Kecamatan Wonosari.
2. YA QOWIYYU
Perayaan tradisional ini berlangsung di Desa Jatinom Kecamatan Jatinom, 10 Kilometer dari pusat kota Klaten. Dilaksanakan setiap hari Jumat Bulan Shaffar. Dalam perayaan ini dilangsungkan upacara penyebaran kue-kue apem. Dalam setiap perayaan tidak kurang dari 4 sampai 5 ton kue apem dihabiskan untuk perayaan ini. Selain perayaan tradisional, di tempat tersebut terdapat goa alam yang oleh sebagian masyarakat digunakan untuk tirakat/bertapa.
Upacara Ya-Qowiyyu: Upacara tradisional yang diadakan setiap bulan Shaffar, di Desa Jatinom Kecamatan Jatinom.

3. KESENIAN JATILAN
Kesenian tradisional Jatilan adalah sebuah tarian yang konon mengandung unsur magis dengan menampilkan atraksi makan belin (pecahan kaca) dan menusuk lidah. Kesenian ini dapat dujumpai di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan.
Kesenian Jatilan: Seorang penari Jatilan dibuat intrans (tidak sadar) dan diberi makan beling (pecahan kaca), dalam menjalankan tariannya.


FASILITAS PELAYANAN
A. Kantor Desa Bugisan
B. Kantor BP-3 Prop. Jateng;
C. Kantor Camat Prambanan;
D. Kolam Renang Hotel Galuh;
E. Kantor Desa Tlogo;
F. Kantor Polsek Prambanan;
G. Kantor Pos Prambanan;
H. Rumah Makan Ayam Goreng mBok Berek;
I. Rumah Makan Yati Pesek;
J. Resto Ayam Kampung;
K. Mandala Wisata Prambanan;
L. Warpostel Bima Sena;
M. BRI Cabang Prambanan;
N. Radio Roro Jonggrang;

HOTEL
Hotel Ny.Muharti
-Ngangkruk Kebondalem
Telp 0274-496103
Hotel Sari
Ngangkruk Kebondalem Kidul
Telp 0274-496595
Hotel Prambanan Indah
JL.Candi Sewu Prambanan
Hotel Ramayana
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Kenanga II
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Srikandi
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-497831
Hotel Kenanga I
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496370
Hotel Mawar I
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496707
Hotel Mawar II
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Dewi Sinta
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Asri
JL.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496941
Restu Ibu
Jl.Candi Sewu Prambanan
Hotel Puri Jonggrang
Jl.Candi Sewu Prambanan
Telp 0274-496708
Astha Graha
Bugisan Prambanan
Botan Hotel
JL.Manisrenggo Prambanan
Hotel Galuh
Jl.Manisrenggo Prambanan
Telp 0274-496855
Hotel Puri Indah
Sunggingan Pereng Prambanan
Hotel Prima
Karang Putih Tlogo Prambanan
Telp 0274-496579
Hotel Mawar II
Jontakan Taji Prambanan

Gambar Kabupaten Klaten


Gambar Kabupaten Klaten

Gambar Kabupaten Klaten






Gambar Kabupaten Klaten

Gambar Kabupaten Klaten






Gambar Kabupaten Klaten Dari atas :
  1. Peta Klaten
  2. Deles Indah
  3. Pendopo
  4. Plaosan
  5. Prambanan 1, 2
  6. Rawa Jombor
  7. Sewu Prambanan
  8. Rakyat 1, 2, 3

KABUPATEN WONOGIRI

KABUPATEN WONOGIRI

Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur Terletak 6 Km ke arah barat daya dari kota Wonogiri, Anda dapat menikmati keindahan genangan air waduk sambil naik perahu motor maupun Jet Ski dan Jet Boat, Kebun Binatang Mini, Mainan Anak Kolam Renang, Kereta Kelinci dan Sarana rekreasi Lainnya. Selain wisata air, wisata budaya dan olah raga yang bersifat Nasional maupun Internasional juga terselenggara di sini setiap tahun yaitu :
Jamasan Pusaka Mangkunegoro I dan Ruwatan Masal, Lari Marathon, Layang Gantung (Ganthole), Lomba Dayung dan Balap Sepeda.

Agro Wisata Alam Asri Merupakan tempat upaya pengembangan berbagai ikan air waduk dengan sistem jala dan Karamba Terapung.
Letaknya 9 Km Kearah Barat daya dari kota Wonogiri.

Gambar Wonogiri



Gambar Wonogiri dari atas :

  1. Alam
  2. Waduk Gajahmungkur

SOLO

SOLO

KRATON KASUNANAN

Didirikan oleh Pakubuwono II tahun 1745. Selain sebagai symbol pusat budaya jawa, didalamnya terdapat galleri yang menyimpan benda – benda kuno bersejarah antara lain kereta kencana, keris, wayang kulit. Dibagian depan terdapat sebuah bangunan “panggung songgobuwono yang konon merupakan tempat bersemedi raja untuk bertemu dengan penguasa laut selatan ( Ratu Roro Kidul ).

PURO MANGKUNEGARAN

Didirikan oleh Raden Mas Said yang Lebih dikenal sebagai Pangeran Sambernyowo pada tahun 1757 setelah penandatanganan perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Selain simbol pusat budaya, didalam Puro juga terdapat Musium yang menyimpan benda bersejarah dengan nilai seni tinggi seperti perhiasan untuk menari dari emas murni, topeng berbagai daerah, dan gamelan.

TAMAN JURUG

Sebuah Taman Rekreasi yang terletak ditepi sungai Bengawan solo, yang terkenal. Selain habitat hewan, taman rekreasi ini dilengkapi juga dengan fasilitas hiburan yang cukup representative, seperti aquarium raksasa dan bangunan pertunjukan seni keroncong.

MUSEUM RADYO PUSTOKO

Museum ini dibangun pada tahun 1890 oleh Kanjeng Adipati Sosrodiningrat IV.. Museum ini menyimpan benda – benda kuno yang mempunyai nilai sejarah tinggi seperti keris, gamelan, arca, keramik dan lainnya. Disamping itu, museum ini juga mempunyai koleksi buku – buku kesusastraan dalam bahasa Jawa dan Belanda.

SEKATEN

Sekaten adalah upacara tradisional yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan Maulud untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad. Sejarah sekaten dimulai sejak lebih 500 tahun yang lalu, untuk pertamakalinya pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Kerajaan Demak. Puncak acara dari perayaan Sekaten adalah keluarnya sepasang gunungan dari Mesjid Agung seusai didoakan oleh ulama Kraton. Banyak orang percaya bahwa siapapun yang mendapatkan gunungan tersebut, biarpun sedikit akan dikaruniai kebahagiaan dan kemakmuran. Beberapa hari menjelang dibukanya Sekaten, diadakan pesta rakyat yang berlangsung selama dua minggu.

SURO

Setiap 1 Suro diadakan kirab pusaka di Puro Mangkunegaran yang dimulai pukul 19.00, sedangkan di Kraton Surakarta kirab pusaka dimulai pada pukul 24.00. Barisan terdepan Kirab Pusaka Kraton Surakarta adalah kerbau bule keramat yang disebut Kyai Slamet, yang kemudian diikuti para abdi dalem dan prajurit Kraton. Upacara ini telah berlangsung selama lebih dari 250 tahun, berawal pada tahun 1633 ketika kerajaan Mataram dipimpin oleh Sultan Agung, salah satu raja Jawa yang paling populer.

SYAWALAN

Perayaan syawalan dimulai 1 hari setelah Hari Raya Idul Fitri, diselenggarakan di Taman Jurug yang terletak di tepi sungai Bengawan Solo. Ribuan orang menghadiri perayaan ini untuk memperoleh ketupat yang dibagikan. Berbagai pertunjukan tradisional diselenggarakan seperti dangdut, keroncong dan seni-seni tradisional lain

SRIWEDARI

Salah satu obyek wisata lain yang terkenal adalah Sriwedari. Taman ini selain menyuguhkan kesian wayang orang setiap malam, juga dilengkapi sarana permainan anak yang cukup representatif. Disekitarnya terdapat Pujasari (Komplek jajanan sarwo asri) yang menghidangkan makanan berbagai ragam dan toko-toko cinderamata.

Sebagai Kota yang tengah pesat berkembang baik jasa maupun perdagangannya, Surakarta telah memiliki berbagai macam kebutuhan infrastruktur kota modern. Surakarta mudah dijangkau dari berbagai arah melalui jalan darat. Selain itu, pusat kota Surakarta juga hanya berjarak sekitar 12 Km dari Bandara Adisumarmo. Jaringan transportasi dalam kota mobilitasnya sangat lancar melalui berbagai kendaraan bermotor (taxi/ bis kota), serta angkuta tradisionil becak serta andong.
Untuk akomodasi, tersedia hotel dari kelas melati sampai bintang 5. Fasilitas komunikasi dapat dilakukan melalui persebaran berbagai wartel (warung telekomunikasi) dan warnet (warung internet) di berbagai titik sudut di kota Surakarta. Sedang makanan tersedia di berbagai resto, kafe dan pub dengan sajian berbagai variasi makanan internasional dan daerah. Yang tak kalah menariknya, pada saat ini adalah HIK (angkringan), tipologi warung makanan lesehan (duduk dengan tikar) dipinggir jalan protokol yang sedang menjadi trend bagi kaum kelas menengah dan atas. HIK dapat dijumpai di Lapangan Manahan, Tipes, Monumen Pers dan sebagainya.
Berikut adalah rincian gambaran distribusi akomodasi dan transportasi persektor

PENERBANGAN / AIRLINES

GARUDA INDONESIA PT
Jl. Slamet Riyadi 201 - Telp. 630082
Jl. Slamet Riyadi 136 - Telp. 644212

SILK AIR
Jl. Slamet Royadi 272 (Hotel Novotel)
Telp. 724604

HOTEL

LOR IN SOLO
Jl. Adisucipto 47 - Telp. 724500

KUSUMA SAHID RAYA SOLO
Jl. Sugiyopranoto 20 - Telp. 646356

NOVOTEL SOLO
Jl. Gajah Mada 272 - Telp. 724555

QUALITY
Jl. Ahmad Yani 40 - Telp. 738667

SAHID RAYA
Jl. Gajah Mada 82 - Telp. 644144

AGAS
Jl. Muwardi 44 - Telp. 714888

CAKRA
Jl. Slamet Riyadi 201 - Telp. 645847

HOTEL DANA
Jl. Slamet Riyadi 36 - Telp. 711976


TOUR AND TRAVEL

PESONA DUNIA TOUR
Jl. Ronggowarsito 82 - Telp. 651009

GAPURA PUSAKA SAKTI TOUR
Jl. Ahmad Dahlan 7 - Telp. 651006

NATRA TOUR
Jl. Gajah Mada 86 - Telp. 641081

NIKI TOUR
Jl. Sutowijoyo 45 - Telp. 717733

ROSALIA INDAH TOUR
Jl. Slamet Riyadi 102 - Telp. 825173

SAHID GEMA WISATA TOUR
Jl. Gajah Mada 82 - Telp. 652256

SOLO INTA WISATA TOUR
Jl. Slamet Riyadi 86 - Telp. 656128

SUBUR PUTRA WISATA
Jl. Slamet Riyadi 275 - Telp. 733338


RESTO AND CAFÉ

AYAM GORENG NY. SUHARTI
Jl. Raya Kartosuro Pabelan

ADEM AYEM
Jl. Slamet Riyadi 234

LESEHAN KUSUMASARI
Jl. Yos Sudarso 75 Solo

O-SOLO MIO
Jl. Slamet Riyadi 253

SOTO GADING
Jl. Brigjen Sudiarto 75

TIMLO SOLO
Jl. Jl. Urip Sumoharjo 94

RESTAURANT BOGA
Jl. Musium No. 1

RESTAURANT ORIENT
Jl. Slamet Riyadi 397

RESTAURANT DIAMOND
Jl. Slamet Riyadi 394

AYAM GORENG WONG SOLO
Jl. Slamet Riyadi 299

Gambar Kabupaten Solo









Gambar Kabupaten Solo Dari atas :
  1. Kraton
  2. Mangkunegaran
  3. Radyapustaka
  4. Sekaten
  5. Sriwedari
  6. Suro
  7. Syawalan
  8. Taman Jurug

KABUPATEN KARANGANYAR

KABUPATEN KARANGANYAR

Kabupaten Karanganyar salah satu daerah Obyek Wisata yang banyak tujuan wisata di Jawa Tengah memiliki pesona alam pegunungan yang beriklim sejuk berjarak 15 km dari Kota Budaya Surakarta, mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan.
Identitas daerah "INTANPARI" ( Industri - Pertanian - Pariwisata ) merupakan potensi Kabupaten Karanganyar yang mendapatkan prioritas untuk dikembangkan Hal didukung dengan Semboyan KARANGANYAR TENTERAM (Tenang, Teduh, Rapi, Aman dan Makmur).
Kabupaten Karanganyar juga telah meraih penghargaan dibidang kebersihan kota, hal ini ditandai dengan telah diperolehnya ADIPURA sejak tahun 1994.
Berbagai potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Karanganyar, baik obyek wisata maupun Industri Pariwisata cukup memadai.


Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar antara lain :
Obyek Wisata Alam :
Hutan Wisata Grojogan Sewu, Wana Wisata Gunung Bromo, Bumi Perkemahan (Buper) Sekipan dan Camping Lawu Resort, Pemandian Air Hangat (PAH) Cumpleng dan Pablengan
Obyek Wisata Budaya :
Candi Sukuh dan Ceto, Situs Palanggatan dan Menggung, Makam Raja-raja Mangadeg dan Girilayu, dll
Obyek Wisata Buatan :
Tarnan Ria Balekambang, Waduk Lalung dan Delingan, dan lain-lainnya
Industri Pariwisata sebagai pendukung kepariwisataan Kabupaten Karanganyar, antara lain :
Adanya berbagai Hotel dan Restoran : Hotel Bintang, Hotel Melati, Restoran/Rumah Makan, Biro Perjalanan Wisata / Umum, Kerajinan Cinderamata dan Berbagai jenis atraksi Wisata dan Kesenian : Seni Musik Bambu "Tek-tek", Reog, Seni Karawitan, Tari, Wayang Orang / Kulit dan Campursari.

Sentra Informasi Wisata Karanganyar

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Lawu dilaksanakan pada Bulan suro pada tiap tahunnya

Puri Taman Saraswati
Puri Taman Saraswati berada di Kompleks Candi Ceto (sebelah timur Candi Ceto) Kec. Jenawi Kab. Karanganyar. Obyek ini merupakan obyek wisata baru yang diresmikan pada tanggal : 28 Mei 2004, oleh Bupati Karanganyar, Hj. Rina Iriani Sriratnaningsih, SPd, MHum dan Bupati Gianyar, A. A.GDE Agung Bharata, sebagai wujud tali persaudaraan antara masyarakat sekitar Candi Ceto dan masyarakat Gianyar, Bali yang mempunyai persamaan spiritual dan budaya Agama Hindu.
Arca Dewi Saraswati merupakan bantuan Bupati Gianyar untuk menyokong pengembangan kawasan Candi Ceto, sebagai kawasan wisata spiritual dan budaya.

Grojogan Jumog
Terletak di dusun Jumok, desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso dengan panorama air terjun alami setinggi ± 60 m, berikut fasilitas perkemahan. Lokasi berdekatan dengan obyek wisata Candi Sukuh, Gua Nipon dan obyek wisata yang lain.

Grojogan Sewu
Terletak pada ketinggian 1100 m diatas permukaan air laut di Kecamatan Tawangmangu dengan panorama air terjun alami setinggi 81 m yang berada di hutan lindung dengan berbagai satwa. Dilengkapi dengan fasilitas rekreasi keluarga seperti kolam renang, areal perkemahan, taman, kios souvenir, rumah makan, dan tempat peristirahatan.

Hutan Wisata Grojogan Sewu
Objek Wisata yang banyak dikunjungi wisatawan Nusantara, dan Mancanegara, dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan. Jarak 27 km ke arah timur Kota Karanganyar. Kawasan hutan yang banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Spesifikasi Hutan Wisata ini adalah adanya Air Terjun setinggi 81 meter dikenal dengan nama Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Perpaduan serasi antara Hutan dan Air Terjun merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Obyek wisata ini berkali-kali menjadi Obyek Wisata Teladan Tingkat Propinsi Jawa Tengah.
Fasilitas Pendukung Taman Binatang Hutan, Kolam Renang, Shelter, Warung Makan, Kios Buah-buahan dan Cinderamata, Mushola dan MCK

Wayang Kulit
Wayang kulit atau Wayang Purwa merupakan jenis kesenian tradisional yang sangat populer di Kabupaten Karanganyar. Seni pertunjukkan yang kisahnya mengambil dari cerita Ramayana dan Mahabarata ini hingga sekarang masih terus dilestarikan dan dikembangkan. Dhalang kondang Manteb Sudarsono yang tinggal di wilayah Karangpandan mempunyai sanggar seni “Bima” yang salah satu kegiatannya mengembangkan kesenian wayang kulit.

Batik
Salah satu jenis produk sandang yang berkembang pesat di Kabupaten Karanganyar sejak beberapa dekade, bahkan beberapa masyarakat Indonesia telah mengenal batik baik dalam coraknya yang tradisional maupun yang modern. Pada umumnya batik digunakan untuk kain jarik, kemeja, sprei, taplak meja, dan busana wanita. Mengingat bahwa jenis produk ini amat dipengaruhi oleh selera konsumen dan perubahan waktu maupun model, maka perkembangan industri batik di Kabupaten Karanganyar juga mengalami perkembangan yang cepat, baik menyangkut rancangan, penampilan, corak dan kegunaannya, disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.
Batik tradisional secara historis berasal dari jaman nenek moyang dalam abad sengkala tahun 1633 Masehi, yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik di Kabupaten Karanganyar mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini. Secara prinsip terdapat 11 tahapan yang umumnya dilalui dalam pembuatan batik tradisional.
Sentra produksi batik di Kabupaten Karanganyar dijumpai di Kecamatan Matesih, Jaten, Gondangrejo dan Karanganyar. Jumlah produksi batik sebanyak 25.028 kodi per tahun. Dari sisi permintaan, peluang usaha di bidang industri batik masih terbuka luas dan sangat menguntungkan.

Tekstil
Sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pokok nasional, khususnya sandang, peran industri tekstil Karanganyar tidak dapat diabaikan. Produk tekstil yang dihasilkan industri pertekstilan Karanganyar telah berkembang sejak era 1980an, dan makin tumbuh secara signifikan dengan masuknya berbagai investor dalam maupun luar negeri di bidang ini.
Permintaan akan produk tekstil yang makin meningkat baik lokal, regional maupun internasional, dengan tuntutan konsumen yang makin beragam, membuat para pengusaha tekstil Karanganyar melakukan berbagai penyesuaian dan diversifikasi produk agar mampu bersaing secara kompetitif. Produk tekstil yang sebelumnya hanya dikonsentrasikan pada jenis dan motif tertentu mulai dikembangkan sesuai permintaan pasar baik jenis, pewarnaan, fungsi dan kualitas bahan.
Sentra produksi tekstil Karanganyar tersebar di Kecamatan Jaten, Kebakkramat, Colomadu dan Gondangrejo. Pasar produk tekstil Karanganyar tidak hanya memenuhi permintaan dalam negeri, tetapi juga menembus pasar luar negeri terutama Eropa, Asia dan Amerika Serikat.

Candi Sukuh
Merupakan tempat pemujaan dan tempat penyelenggaraan acara ritual keagamaan bagi para penganut agama Hindu. Relief berseri di candi Sukuh menggambarkan cerita Garudeya dan Sudhamala yang mana keduanya mengungkapkan tema “Pembebasan”.
Dibangun pada abad ke-15 pada akhir jaman kerajaan Hindu Majapahit, terletak didesa Gumeng, Kecamatan Jenawi dengan ketinggian 1100 m dpl. Di sekitar komplek Candi Cetho pada saat ini terdapat patung Dewi Saraswati sumbangan dari pemerintah Kabupaten Gianyar Bali. Patung Dewi Saraswati ini melambangkan ilmu dan pengetahuan.

Candi Sukuh dan Candi Ceto
Candi Sukuh jarak berada 20 km ke arah timur Kota Karanganyar. Satu - satunya candi yang erotik dan Unik di Indonesia, hampir menyamai candi yang ada di Guatemala (AS), berbentuk (limas terpotong yang merupakan gambaran keterbatasan ilmu manusia, dibangun pada abad 15.
Candi Ceto merupakan bangunan candi yang menyerupai pura-pura yang ada di Bali, masing-masing 910 dan 1400 rneter diatas permukaan air laut jarak 9 km ke arah utara Candi Sukuh. Sejumlah relief candi yang menghiasi adalah gambaran tentang kehidupan manusia, hidup dan mati. Diantaranya tentang Upacara Tradisional Ruwatan dan juga kehidupan seksual manusia. Kedua candi ini berada tepat di sebelah barat lereng Gunung Lawu, dikelilingi oleh Hutan Pinus, sekaligus merupakan Gardu Pandang terhadap Pemandangan mempesona yang ada di lereng Gunung Lawu.
Kedua candi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dari berbagai negara, karena selain memiliki daya tarik khusus, juga mudah dijangkau.

Wana Wisata Gunung Bromo
Jarak 5 km arah utara Kota Karanganyar. Kawasan hutan penelitian yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, termasuk pohon-pohon langka, seperti : Cendana. Selain itu hal yang paling menarik adalah dalam kawasan hutan ini terdapat sejenis pohon yang tidak hanya langka tetapi juga khas / ajaib, yaitu : sejenis pohon kayu jati yang tumbuh dikelilingi oleh pohon beringin, dikenal dengan nama "Jati Kurung'".
Tepat dibawah "Jati Kurung" ini terdapat sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan "Nyai Ageng Serang" (istri dari P Diponegoro) sewaktu mengungsi pada masa penjajahan Belanda. Karena adanya petilasan ini, pada hari-hari tertentu banyak dikunjungi oleh para peziarah.
Fasilitas yang ada di Wana Wisata ini antara lain:
Panggung terbuka, shelter/gubug wisata, arena bermain anakanak, mushola, gardu pandang, dan lain-lain, sangat sesuai untuk para remaja berkencan dan bersantai keluarga.

Taman Ria Balekambang
Jarak 20 km arah timur Kota Karanganyar. Arena rekreasi keluarga yang menawan hati dengan udara sejuk dan nyaman karena masih termasuk dalam Kawasan Wisata Tawangmangu, hanya berjarak 100 meter dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Taman Rekreasi Hutan Pinus yang dilengkapi sarana pendukung diantaranya : Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis, Arena bermain anak-anak (dilengkapi dengan berbagai patung binatang, kios bunga, dan sebagainya).

Sapta Tirta Pablengan Matesih dan Pemandian Air Hangat Cumpleng Tawangmangu
Jarak 17 km dari arah timur Kota Karanganyar, Sumber Air Hangat banyak terdapat di Kabupaten Karanganyar tetapi baru 2 buah yang dapat dikelola , yaitu: 5apta Tirta Pablengan dan Pemandian Afr Hangat Cumpleng Sapta Tirta Pablengan berlokasi di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, dilatar belakangi sebuah bukit rindang yang bernama Argo Tiloso. Selain menyajikan Pemandian Afr Hangat yang berkadar belerang tinggi, di dalam lokasi ini terdapat sebanyak 7 (tujuh) jenis mata air:

1. Air Hangat
2. Air Mati
3. Air Dingin
4. Air Soda
5. Air Hidup
6. Air Bleng / Asin
7. Air Urus-urus

Juga Terdapat Tempat Pemandian Terbuka dengan bilik berjumlah 6 (enam) buah, berbentuk Segi Enam, peninggalan Raja Mangkunegoro VI. Sedangkan Pemandian Afr Hangat (PAH) Cumpleng berada di Desa Plumbon, Tawangmangu, merupakan sumber air yang mengandung zat belerang, zat besi dan zat-zat lain yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan rematik, fasilitas yang ada : Pemandian terbuka dan tertutup, arena bermain anak-anak dan MCK.

Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort dan Sekipan
Jarak 31 km ke arah timur Kota Karanganyar suasana hutan yang menyajikan keindahan alam, kesejukan dan kenyamanan. Kondisi yang serba alami, perpaduan hutan dan perbukitan, sehingga memiliki permukaan tanah yang bergelombang, sangat sesuai sekali untukbumiperkemahan(Camping Ground).
Letak kedua Bumi Perkemahan ini sangat berdekatan hanya berjarak 1 km, dapat ditempuh dengan berbagai kendaraan ataupun jalan kaki sejauh 5 km dari terminal bus Tawangmangu.
Beberapa Fasilitas yang disediakan:
Buper Camping Lawu Resort : Perlengkapan Perkemahan, Villa, Cafe, Kolam Renang, tempat parkir luas, MCK, dan berbagai sarana lainnya.
Buper Sekipan : Perlengkapan Perkemahan.

Kotekan Lesung
Kesenian Tradisional Kotekan Lesung merupakan salah satu atraksi unggulan Kabupaten Karanganyar karena jenis kesenian ini termasuk unik dan khas. Kesenian ini merupakan bagian dari tradisi kecil masyarakat petani yang sudah cukup dikenal luas penduduk pedesaan. Kesenian Kotekan Lesung saat ini dikembangkan di Dukuh Plesungan, Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso, yang memiliki situs purbakala Candi Sukuh. Struktur pertunjukkannya dimulai dari Panembrama, Permainan deengan tarin, Tari Loro Blonyo (sajian inti), dan Tayub Lesung.

Agro Wisata
Daya tarik obyek wisata ini terletak ada panorama alam yang indah, perkebunan dan aktivitas masyarakat desa. Misalnya panorama perkebunan karet di wilayah Mojogedang, kebun teh di Kemuning dan Jenawi, kebun tanaman obat di Tawangmangu, bawang putih, kopi, wortel, dan lain-lain.
Agrowisata yang dikembangkan di Karanganyar antara lain meliputi buah-buahan seperti Salak Pondoh Tawangmangu, Salak Poning (Pondoh Kemuning), Kebun Rambutan Pendem (Mojogedang), dan Durian. Disamping itu juga dikembangkan kebun bunga rakyat (Kalisoro), kebun produksi bunga (Sekipan), kebun bunga Krisan di Ngargoyoso, dan lain-lain. Wisatawan dapat menikmati langsung salak Tawangmangu atau rambutan di kebun buah.

Upacara Mondosiyo
Upacara adat Mandasiya diadakan di dusun Pancot, Blumbang dan Tengklik Tawangmangu pada setiap hari selasa kliwon Wuku Mandasiya (ada 30 wuku dalam kalender jawa). Upacara adat itu bersumber pada mitologi Prabu Baka, seorang raja lalim yang akhirnya berhasil dibunuh oleh Patut Tetuka dari pertapan Pringgondasi (kemudian dikenal dengan nama Eyang Kancanegara)Tradisi lisan yang berkembang di Dusun Pancot menyebutkan bahwa asal-usul nama Pancot berasal dari kejadian ketika badan Prabu Baka "dipancot" ke tanah oleh Putut Tetuko dan kepalanya dibanting ke sebuah batu (Watu Gilang). Tempat bekas taring Prabu Baka terputus tumbuh tanaman bawang putih dan tanah bekas gerahamnya tumbuh menjadi bawang merah. Dua jenis tanaman ini sekarang menjadi tanaman utama penduduk Pancot dan Blumbang. Sebelum ajal, Baka berpesan agar setiap jatuh Wuku Mandasiya di hari selasa kliwon diadakan upacara bersih desa Mandasiya, dengan memberi sesaji di tempat-tempat keramat seperti kalo di dusun Pancot dilakukan di Punden Bale Pathokan (tempat perkelaian berlangsung), Watu Gilang (tempat kepala Prabu Baka dihancurkan), dan pertapan Pringgodani (tempat pertapan Tetuka atau eyang Kancanegara).Penyelenggaraan upacara Mandasiya di Dusun Pancot diadakan di Kompleks punden "Bale Patokan", yang di dekatnya terdapat "Watu Gilang" yang masih dikeramatkan. Watu Gilang disiram air badhek yang didahului penyebaran beras kuning oleh sesepuh Dukuh Pancot. Puncak Upacara ditandai dengan upacara pelepasan nadar dengan melepas sejumlah ayam di atas atap Pasar Pancot. Inilah Atraksi paling menarik dari rangkaian upacara Mandasiya.


Hotel
  • Hotel SARI I
  • Hotel SARI II
  • Hotel INDAH
  • Hotel GARUDA
  • Hotel TEJOMOYO, DLL

Restoran/Rumah Makan

  • PUAS SITI SARI Tawangmangu
  • MBANGUN TRISNO Tawangmangu
  • SAPTO ARGO Tawangmangu
  • JAKARTA Tawangmangu
  • INDAH Karangpandan
  • KING KONG Karangpandan
  • TELAGA PANDAN Karangpandan
  • Kerajinan / Cinderamata
  • Kerajinan Kayu Pinus
  • Kerajinan Mendong
  • Kerajinan Tempat Lilin
  • Kerajinan Gerabah,
  • Kerajinan Kayu Batik, dan lain-lain


Daftar Industri Kerajinan

  • Citra Andana, Kerajinan Kayu Pinus
  • Dani Wijaya, Kerajinan Kayu Pinus
  • Eka Karya, Kerajinan Batu akik, Manik
  • Puri Art, Kerajinan Kayu Batik
  • Citra Mandiri, Kerajinan Kayu Pinus
  • Sekar Ayu, Kerajinan Kayu Pinus
  • Joko Cendlestik


Daftar Hotel di Karanganyar

Lor Inn, Jl. Adi Sucipto 47 Solo Telp. 0271-724500.

Narita, Bulukan - Colomadu, Karanganyar Telp. 0271-721000.

Komajaya Komaratih, Jl. lawu Tawangmangu Telp. 0271-697125.

Pondok sari, Kalisoro Tawangmangu Telp. 0271-697112.

Jonggrang, Gajahan colomadu Karanganyar Telp 0271-710229.

Marini, Jl. Baron Ngasem 15 Colomadu Telp 0271-782010.

Asri, Kalisoro Tawangmangu Telp. 0271- 697067.

Pondok Indah, Kalisoro Tawangmangu Telp. 0271-697024.

Wahyu Sari, Jl.Grojogan Sewu Tawangmangu Telp. 0271-697187.

Maliawan, Jl. Lawu Tawangamngu Telp. 0271-697013.

Muncul Sari, Kalisoro Tawangamngu Telp. 0271-697013.

Pondok Asia, Jl Grojogan Sewu Tawangamangu Telp. 0271-697020.

Pondok Lawu, Jl. Lawu Tawangamangu, Telp. 0271-697020.

Duta, Kalisoro Tawangamngu, Telp. 0271-697051.

Pondok Sari, Utara Balekambang Tawangamangu Telp. 0271-697088.

Pondok Garuda, Jl. Lawu Tawangamangu Telp. 0271-697239

Gambar Kabupaten Karanganyar


Gambar Kabupaten Karanganyar

Gambar Kabupaten Karanganyar







Gambar Kabupaten Karanganyar

Gambar Kabupaten Karanganyar







Gambar Kabupaten Karanganyar

Gambar Kabupaten Karanganyar






Gambar Kabupaten Karanganyar Dari atas :
  1. Peta Wisata Kab. Karanganyar
  2. Balekambang
  3. Batik
  4. Buah
  5. Grojogan 1, 2, 3
  6. Hotel
  7. Kain
  8. Kothekan
  9. Pablengan
  10. Puncak
  11. Saraswati
  12. Sekipan
  13. Sukuh 1, 2
  14. WayangBromo 1, 2